Intansi terkait di Kabupaten Gianyar melakukan penegcekan kesiapan TPS. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Komisi Pemililhan Umum (KPU Kabupaten Gianyar sudah menuntaskan pengiriman logistik berupa kotak suara, pada Selasa (26/6). Sebanyak 772 TPS sudah siap digunakan pada pemilu yang berlangsung Rabu (27/6). Mengawal pelaksanaan pemilu aparat kepolisian juga menyiagakan ratusan personil.

Ketua KPU Gianyar, Anak Agung Gde Putra mengatakan logistik sudah didistribusikan ke seluruh TPS se-Kabupaten Gianyar. Tahap awal, proses pendistribusian logistik diarahkan ke Gianyar Utara yang tempatnya lebih jauh. Begitu juga dengan peralatan lainnya seperti, genset, ketersedian internet juga sudah disiapkan. “Logistik khususnya kotak suara dengan isinya sudah terkirim semuanya ke kantor perbekel terdekat, selanjutnya akan dibawa ke TPS pada Rabu dini hari,“ katanya.

KPU Gianyar juga sudah memetakan TPS yang akan menjadi tempat para paslon serta tokoh politik dalam menggunakan hak pilihnya. Seperti Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bersama keluarga besar Puri Saren Ubud akan menggunakan hak pilihnya di TPS 3 Banjar Ubud Tengah, Kelurahan Ubud.

Sementara Tjokorda Raka Kerthayasa beserta para semetonnya menggunakan hak pilih di tempat berbeda yakni TPS 2 SD N 1 Ubud Kelod, Kelurahan Ubud.

Untuk mantan Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra akan menggunakan hak pilihnya pada TPS 2 di SD N 4 Desa Melinggih, Payangan. Selanjutnya A.A. Gde Mayun bersama kakaknya yang juga mantan Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata menggunakan hak pilih di TPS 5 Banjar Pasdalem, Kelurahan Gianyar.

Baca juga:  Bali Masuk Kategori Sedang Dalam Tingkat Kerawanan Pilkada

Sementara Pande Istri Maharani Primadewi menggunakan hak pilih di TPS 3 Banjar Pande, Kelurahan Beng.

Sementara untuk Ketua DPRD Gianyar, Wayan Tagel Winarta akan mengunakan hak pulih pada TPS 2 Banjar Mancawarna, Tampaksiring sementara Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya menggunakan hak pillih di TPS 4 Banjar Sengguan, Kelurahan Gianyar.

Sementara KPU bersama Pemkab Gianyar dan intansi terkait lainnya juga melakukan monitoring TPS pada Selasa siang. Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Wayan Suardana mengatakan, kegiatan monitoring dilaksanakan untuk memastikan kesiapan semua TPS di Kabupaten Gianyar dalam penyelenggaraan Pemilukada.

“Bersama instansi terkait kita lakukan monitoring ke beberapa TPS. Memastikan semua sudah siap, sehingga pelaksanaan proses Pemilukada di Kabupaten Gianyar berjalan dengan lancar,” terang Wayan Suardana.

Sementara Kapolres Gianyar, AKBP, Priyanti Pryo Hutomo, SIK mengatakan, dari pengamanan pihaknya telah menempatkan sejumlah personil di tiap-tiap TPS, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dimana dimasing-masing TPS disiagakan satu orang aparat keamanan. Pengaman juga mulai dilakukan dari hari ini, hingga proses tahapan Pemilukada selesai dilaksanakan.

“Masing-masing TPS kita siagakan satu personil. Dan kami instruksikan pengamanan dilakukan mulai hari ini,” tambah AKBP Priyanto Pryo Hutomo, SIK. (manik astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.