Penumpang berada di ruang tunggu Terminal Mengwi. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, mulai melakukan pemeriksaan terhadap penumpang bus yang tiba di Terminal Mengwi. Upaya ini guna mengantisipasi melonjaknya penduduk pendatang (Duktang) yang lazim terjadi pascahari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan pengawasan penumpang yang tiba di terminal tipe A tersebut dilakukan mulai Minggu (17/6) malam. Giat ini melibatkan TNI, Polisi, Dishub, Disdukcapil, Disos, Camat Mengwi, Desa, Linmas, dan PPNS.

Baca juga:  Sudah Masuk PN, Ini Majelis Hakim yang Akan Sidangkan Kasus Pembunuhan Prajurit TNI

“Kami sendiri menerjukan sebanyak 47 personel. Giat pengamanan mulai dilakukan nanti malam hingga Kamis (21/6) mendatang,” ungkap I Gst. Suryanegara.

Menurutnya, arus balik pascaperayaan Lebaran mulai terlihat di Terminal Mengwi, Sabtu (16/6) malam. Hanya saja jumlah bus yang datang masih sepi, dibandingkan arus mudik menjelang perayaan.

Dikatakan, masyarakat yang tidak dilengkapi dengan kartu identitas penduduk akan dikembalikan ke daerah asalnya. “Jika ada yang  tanpa identitas langsung kita kembalikan ke daerah asalnya,” tegasnya.

Baca juga:  Tangani Kebakaran di Pura Uluwatu, 8 Mobil Damkar Dikerahkan

Dia mengakui, terus melakukan patroli terpadu guna mengawasi duktang. Giat ini sekaligus mengawasi rumah-rumah penduduk yang ditinggal mudik Hari Raya Lebaran. “Perayaan Idul Fitri ini banyak masyarakat yang keluar kota untuk mudik atau liburan, jadi kita antisipasi patroli terpadu bersama dinas perhubungan, polisi dan TNI digiatkan pagi, siang dan malam,” ucapnya.

Selain melakukan patroli terpadu, Agung Suryanegara juga mensiagakan jajarannya pada setiap posko arus mudik. Seperti, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan Pantai Kuta. Tim yang terlibat terdiri dari Polresta Denpasar, TNI, Damkar, BPBD, dan Dishub.

Baca juga:  Angin Kencang, Penerbangan Terdampak dan Sejumlah Plafon di Bandara Ngurah Rai Lepas

“Kami juga bergabung dalam posko arua mudik pada beberapa tempat seperti bandara, Pantai Kuta,  sedangkan untuk di Utara pada pos depan Puspem Badung dan Terminal Mengwi,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *