Personel Polda Bali saat melaksanakan patroli ke rumah yang ditinggal mudik.(BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali mengerahkan personelnya untuk patroli di seputaran Denpasar guna mencegah terjadinya kasus pencurian di rumah kosong ditinggal mudik. Pasalnya seperti tahun-tahun sebelumnya kasus pencurian marak saat liburan Lebaran. Personel yang dikerahkan bersenjata laras panjang.

“Anggota menyambangi rumah kosong pada saat hari libur Lebaran. Pasalnya para pelaku kejahatan itu kerap memanfaatkan kelemahan warga yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong,” kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, Senin (11/6).

Pencuri bisa tahu rumah kosong atau tidak, lanjut Kombes Hengky, biasanya saat mudik warga sengaja menyalakan lampu rumah selama ditinggal mudik. Hal itu menjadi tanda bagi para pelaku kejahatan untuk menjadikan rumah yang dijadikan sasaran aksi pencurian. “Adanya patroli ini diharapkan dapat menekan aksi kejahatan pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik oleh pemiliknya,” ujarnya.

Selain itu, Hengky berbagi kiat aman mudik hari raya Idul Fitri tahun 2018 yaitu matikan listrik, kompor dan air saat mudik, kunci pintu, pagar, dan jenderal rumah, amankan barang berharga, tidak menggunakan perhiasan berlebihan, aktifkan CCTV di rumah, perhatikan kelayakan kendaraan demi keselamatan dan kenyamanan di jalan.

Baca juga:  Mulai Hari Ini, Kapolda Berkantor di Gilimanuk untuk Amankan Lebaran

Apabila menukar uang sebaiknya di bank dan jangan melalui calo, waspada kejahatan jalanan (street crime), cegah pelanggaran lalu lintas dan waspada kejahatan hipnotis serta jangan pernah percaya dengan orang lain.

Mantan Kabag Binkar Karo SDM Polda Bali ini mengungkapkan, tim Supervisi Mabes Polri dan Pengawas Operasi (Wasops) Ketupat 2018 melaksanakan Kunjungan ke Posko Ketupat Agung 2018 di Kantor Biro Operasi Polda Bali, Senin kemarin. Tujuannya  guna mengecek kesiapan Polda Bali dalam menghadapi pengamanan arus mudik Lebaran tahun 2018.Tim Supervisi dan Wasops terdiri dari Irjen Pol. Agung Sabar Santoso, Brigjen Pol. I Ketut Argawa dan Brigjen Pol. Eddy Tambunan. Rombongan tersebut diterima  Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha.

Tim tersebut melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan tugas operasi dan melakukan pemeriksaan admintrasi. “Tim Supervisi dari Mabes Polri memberikan arahan kepada seluruh pejabat yang terlibat Operasi Ketupat Agung 2018  agar personel memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat, terutama kepada yang mudik. Dengan demikian masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan mudik Lebaran,” ucapnya.(kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.