NEGARA, BALIPOST.com – Suasana persiapan menjelang hari raya Galungan mulai terasa di Kabupaten Jembrana, Senin (28/5). Umat Hindu di ujung Barat Pulau Bali ini terlihat sibuk mempersiapkan hari raya.

Atmosfer menjelang hari raya itu, juga terasa di dalam Rumah Tahanan (rutan) Negara. Kendati berada di dalam rutan, sejumlah narapidana atau warga binaan kemasyarakatan (WBP) juga mendapatkan daging babi untuk hari raya.

Daging babi yang dipotong dua hari menjelang Hari Raya itu merupakan hasil dari peternakan di dalam rutan tersebut. “Ada belasan WBP yang bekerja dalam bidang kemandirian peternakan dan perkebunan kami berikan daging babi potong,  ini bentuk penghargaan kepada mereka karena peran aktif  mereka,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Purniawal.

Baca juga:  Galungan dan Antisipasi KLB, BI Bali Siapkan Kas Rp 3,1 Triliun

15 orang napi itu sebelumnya juga ikut merawat dan mengembangbiakan hewan ternak babi. Termasuk hasil lima ekor babi yang dipotong menjelang Hari Raya itu hasil pengembangbiakan para napi itu.

Purniawal didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, I Nyoman Tulus Sedeng menambahkan upaya ini juga untuk menghapus image negatif rutan yang selama ini berkembang di masyarakat. Selain untuk 15 warga binaan, daging babi yang dipotong juga dibagikan untuk seluruh pegawai di lingkup rutan negara. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.