LAMONGAN, BALIPOST.com – Berbagai cara dilakukan sejumlah siswa untuk mengisi waktu libur Ramadan. Seperti halnya yang dilakukan tiga siswa SMP Negeri 1 Sambeng.

Mereka memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan kerajinan tangan yang unik, yakni miniatur becak, hand tracktor, mesin perontok padi, dan radio. Siswa kelas VIII ini adalah Aryo, Handala, dan Arya.

Dengan memanfaatkan beberapa jenis limbah, seperti botol air mineral, limbah kayu, serta kardus, ketiga siswa ini merangkainya menjadi miniatur yang unik. Dengan alat sederhana, ketiga siswa merangkai satu persatu bagian per bagian.

Limbah kayu misalnya dilem sesuai dengan pola dan bentuk mainan yang akan diciptakan. Tidak butuh waktu lama untuk membuat kerajinan tangan berbahan limbah ini.

Baca juga:  SMK TP 45 Tak Dapat Siswa Baru

Setelah melakukan finishing, kerajinan tangan ini dilengkapi pula oleh tiga siswa ini dengan dinamo yang juga bekas dan didapat dari pasar loak. Hasil karya kerajinan tiga siswa ini sangat mirip dengan bentuk aslinya dan bisa berjalan dengan penggerak mesin dinamo.

Kepala SMPN 1 Sambeng, Kastur mengatakan tidak saja mainan miniatur becak yang dibuat, tiga siswa ini juga bisa menghasilkan karya mainan cukup beragam. Misalnya, hand tracktor, mesin perontok padi, mesin penyedot debu, dan tak ketinggalan pesawat radio. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.