Ni Putu Nana Satrya Pertiwi. (BP/mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Ni Putu Nana Satrya Pertiwi memperoleh nilai tertinggi kedua hasil ujian nasional program jurusan Bahasa se-Bali. Remaja yang merupakan siswa SMAN 4 Singaraja ini meraih nilai UNBK 354,50.

Mengetahui dirinya menduduki peringkat kedua, Nana mengaku terharu bercampur gembira. Ia yang merupakan anak dari pasangan suami istri (Pasutri) I Ketut Madeg Satria dan Ni Made Yumartini asal Kelurahan Banyuning, Singaraja ini mengatakan tahu dirinya meraih peringkat dua setelah dihubungi panitia UNBK.

Kabar tersebut sempat membuatnya terharu hingga sempat mengangis. Pertama kali keberhasilannya dalam UNBK itu dia sampaikan kepada ibunya Yumartini. Tak pelak keluarganya langsung mengucapkan syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. “Yang pasti senang dan tadi sempat menangis dan ibu juga terharu karena tidak menyangka nnilai ujian saya di jurusan tertinggi kedua di Bali,” katanya.

Selama mempersiapkan UNBK, sulung dari empat bersaudara ini belajar tidak mengenal waktu. Bahkan, Nana yang bercita-cita bekerja di Kedutaan Besar ini harus mendatangi rumah guru pembingbing ujian pada sore hari untuk mempersipakan ujian. Alhasil, kerja kerasnya itu berbuah manis. “Selain di sekolah, saya cari referensi soal di internet lalu coba mengerjakan. Sore hari saya datang ke rumah guru mata pelajaran untuk belajar. Perjuangan ini membuat saya bangga dan ini saya raih tidak lepas dari jasa guru di sekolah ini yang membimbing dari awal sampai saya menamatkan pendidikan di sekolah ini,” jelasnya.

Baca juga:  Pendidikan Berasrama Lahirkan Anak Berkarakter

Nana yang sejak SMP gemar dengan mata pelajaran Bahasa Inggris sekarang mengincar Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Udayana (Unud) dan Jurusan Akutansi di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja. Sayang, perjuangan Nana merebut bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta gagal karena tidak lolos dalam kompetisi SBMPTN.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Singaraja Dr. Putu Gede Wartawan, S.Pd. M.Pd juga mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya. Dia mengatakan, raihan nilai UNBK untuk Program Bahasa yang diraih Nana merupakan yang pertama kali menjadi terbaik kedua di Provinsi Bali. Biasanya, nilai ujian di program ini, hanya pada 10 besar di Bali.

Namun tahun ini, lewat Nana, sekolah yang dipimpinnya berhasil mengukir prestasi. “Ini sangat membanggakan kami karena tahun-tahun sebelumnya Program Bahasa hanya di 10 besar saja. Sekarang tidak saja mengalahkan sekolah favorit di Buleleng, namun nama sekolah kami dan nama siswi kami ini tercatat terbaik kedua di Bali,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.