Menpar Arief Yahya (kiri) menghadiri Konser Budaya Alam Nusantara. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pemerintah lewat Kementerian Pariwisata saat ini sedang membangun destinasi digital vegetarian. Ada 8 lokasi yang dijadikan tempat pengembangan destinasi ini.

Untuk itu, Kemenpar mendukung Konser Budaya Alam Nusantara (KBAN) 2018 yang digelar oleh Rumah Alam Bahagia dengan mengangkat tema ‘Harmonis Merangkai Keragaman Menuju Dunia Satu Keluarga’, yang akan berlangsung di Jakarta, Minggu (6/5).

Konser dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan komunitas vegetarian, siap mendukung pengembangan kepariwisataan Indonesia dan pencapaian target tahun ini kedatangan 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi pagelaran KBAN 2018, sebagai upaya mendukung progran membangun destinasi digital vegetarian. Belum lama ini dilakukan soft launching di Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Menurut The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel, Indonesia menempati peringkat 16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries. “Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu negara destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia,” kata Menpar, Rabu (2/5).

Baca juga:  Sayur Olah Vegetarian

Menurut Menpar, potensi wisatawan komunitas vegetarian seluruh dunia sangat besar dan perlu dioptimalkan agar banyak berkunjung ke Indonesia, terutama dari 5 negara sebagai Top 5 pasar, yakni; Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India. “Komunitas vegetarian dari Tiongkok sebanyak 50 juta dan India 350 juta, merupakan pasar yang besar dan akan mendorong tumbuhnya restoran vegetarian di Indonesia khususnya kota-kota besar yang menjadi destinasi wisata unggulan kita,” kata Arief Yahya.

Ia mengatakan, saat ini jumlah restoran vegetarian di Indonesia relatif masih sedikit dibandingkan Malaysia, Thailand maupun Singapura. Berdasarkan The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel, jumlah restoran di Indonesia sebanyak 438, sedangkan Malaysia 1.185, Thailand 908, dan Singapura memiliki 654 restoran. Posisi Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand di urutan kedua, dan Malaysia di urutan ketiga. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.