Sayuran. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pola hidup Vegan dan vegetarian tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan dengan alasan tertentu, seperti kesehatan. Salah satu makanan yang dihindari vegan dan vegetarian adalah daging.

Daging merupakan sumber protein yang penting untuk tubuh dan dapat memberikan energi sepanjang hari saat beraktivitas. Untuk mengganti protein hewani yang diperlukan oleh tubuh, vegan dan vegetarian dapat menggantinya dengan protein nabati.

Berikut beberapa alternatif makanan sebagai sumber protein yang dapat dikonsumsi vegan dan vegetarian, dilansir dari BBC Good Food :

1. Quinoa

Quinoa merupakan biji gandum yang dapat ditemukan dalam berbagai varietas, mulai dari putih, merah, hingga hitam. 100 gram quinoa menghasilkan hampir 4 gram protein, yang juga dikenal sebagai protein lengkap yang mengandung 22 asam amino, sehingga bagus sebagai pengganti karbohidrat.

Baca juga:  Angka Kesembuhan COVID-19 Bali Sudah Capai 91 Persen, Ini 3 Besar Penyumbang Pasien Sembuh Harian Terbanyak

2. Pulses

Pulses merupakan biji yang ada di dalam polong. Ini merupakan sumber protein nabati yang bagus, rendah lemak, dan terjangkau, serta memiliki banyak variasi.

3. Tahu

Tahu berasal dari kedelai, 100 gram tahu mengandung 8 gram protein. Tahu merupakan alternatif yang serbaguna dan dapat dimasak dengan berbagai cara, bisa ditumis atau diolah menjadi sup.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat serbaguna dan dapat digunakan sebagai makanan atau camilan untuk memastikan kecukupan protein dan energi sepanjang hari.

Baca juga:  Lansia Ditemukan Tak Bernyawa di Sawah

5. Biji Chia

Satu sendok biji chia mengandung 2 gram protein. Biji chia dapat digunakan untuk sarapan, ditaburkan di atas salad dan sup, atau sebagai makanan penutup kaya protein. Ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti untuk telur karena bersifat hidrofilik dan dapat mengembang saat direndam dalam air sekitar 20 menit.

6. Soba

Soba merupakan biji yang tinggi protein dan serat, yang setiap 100 gram mengandung 5 gram protein, dan bebas gluten. Soba dapat dijadikan sebagai pasta atau tepung.

7. Gandum

Gandum merupakan karbohidrat kompleks yang memberikan pelepasan energi yang lambat. Gandum merupakan sumber protein yang sangat baik dan sering digunakan sebagai alternatif protein saat diet.

Baca juga:  Nasional Catat Dua Ratusan Kasus COVID-19 Harian

8. Beras Merah

Meski pada dasarnya beras merah adalah karbohidrat, nasi merah juga mengandung kadar protein yang cukup, sekitar 4 gram per 100 gramnya. Selain itu, beras merah juga merupakan sumber serat yang bagus.

 

Sayuran juga mengandung protein dan dapat menjadi alternatif. Ada beberapa jenis sayur yang kaya protein, seperti asparagus, alpukat, brokoli, kubis, kembang kol, bayam, hingga jagung.

Protein memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Jika kamu seorang vegan atau vegetarian, kamu dapat mengganti sumber protein dengan beberapa makanan di atas. (kmb/balipost)

BAGIKAN