Gula. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, banyak orang memilih menggunakan bumbu dapur untuk menyedapkan masakannya.

Sebenarnya mudah untuk beralih ke bumbu alami, karena Indonesia kaya berbagai jenis rempah. Berikut 5 bumbu dapur yang bisa membantu menyedapkan masakan Anda, dikutip dari klikdokter.com :

1. Garam dan gula

Bumbu termudah yang dapat Anda pilih untuk masakan adalah garam dan gula. Garam merupakan penyedap rasa alami yang tentunya sangat mudah ditemukan terutama di Indonesia. Untuk menciptakan rasa yang gurih, tambahkan gula ke dalam masakan untuk menyeimbangkan asinnya garam.

2. Lada hitam dan lada putih

Bagi Anda yang suka pedas, tentu tak asing dengan bumbu satu ini: lada. Lada hitam dan lada putih dapat memberikan sentuhan berbeda pada masakan Anda, memberinya rasa yang spicy tanpa perlu menggunakan cabai

3. Bawang merah dan bawang putih

Hampir setiap masakan nusantara menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai salah satu komponen bumbunya. Bisa dihaluskan atau diiris tipis, bawang putih akan memberikan rasa gurih yang alami sebagai pengganti MSG. Tambahkan sedikit garam untuk menghilangkan lendir pada bawang putih dan memperkuat cita rasa masakan Anda.

Baca juga:  Jaja Ongol-ongol

4. Terasi

Beruntunglah masyarakat Indonesia karena memiliki terasi. Terasi merupakan bumbu yang diracik dari bubuk ikan dan udang kecil yang telah melewati proses fermentasi, sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas.

Meski umumnya dipakai sebagai penyedap sambal, terasi juga dapat dimanfaatkan untuk menumis sayuran, memasak nasi dan mie goreng, serta membumbui protein seperti ayam potong.

5. Kaldu ayam dan sapi

Kaldu ayam dan sapi biasanya dijual di pasaran dalam bentuk bubuk atau blok. Produk kaldu ini sering digunakan saat memasak baik di restoran atau di rumah.

Kaldu sebenarnya bisa dibuat di rumah, meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Caranya mudah, cukup merebus tulang ayam atau sapi dalam air di atas api kecil selama 1-3 jam. Air hasil rebusan tulang ini akan memiliki rasa yang sedap dan gurih, serta dapat Anda simpan di freezer untuk digunakan kembali. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.