Sayuran. (BP/Dokumen)
DENPASAR, BALIPOST.com – Antioksidan merupakan bahan kimia yang mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas atau oksidan. Serangan radikal bebas yang berdampak negatif bagi tubuh ini dapat ditemukan di lingkungan, dalam makanan, maupun dalam tubuh sendiri.

Singkatnya, antioksidan merupakan zat yang dapat mengeliminasi radikal bebas tersebut dari tubuh. Oksidan terdapat pada berbagai hal, termasuk polusi udara, asap rokok, alkohol, dan berbagai hal lainnya.

Baca juga:  Pangdam Gaungkan Semangat Gotong Royong

Dikutip dari klikdokter.com, manfaat antioksidan alami bagi tubuh sangat banyak. Dengan mengonsumsi antioksidan dalam jumlah yang seimbang, tubuh akan terlindungi dari dampak negative zat oksidan.

Hal ini baik bagi berbagai sel tubuh. Kebaikan ini termasuk dalam mencegah terjadinya peradangan pada sel kulit, sel saluran pencernaan, sel saluran pernapasan.

Antioksidan dapat ditemukan secara alami pada berbagai jenis makanan, yang mencakup buah- buahan, sayur- sayuran, kopi, teh, anggur, dan coklat. Beberapa contoh antioksidan adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, karoten, dan astaxantin.

Baca juga:  Tabanan Siapkan Tempat Isolasi Terpadu OTGR

Salah satu komponen makanan yang kaya akan antioksidan alami adalah grape seed, yang memiliki manfaat bagi jantung dan persendian. Secara umum, sebagian besar makanan dan minuman yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan, memiliki kandungan antioksidan di dalamnya.

Mengonsumsi diet yang kaya akan buah-buahan dan sayur-sayuran dapat memastikan Anda mendapat kandungan antioksidan yang dibutuhkan setiap harinya. Oleh karena itu, jangan lupa memasukkan makanan sehat ke dalam diet sehari-hari Anda! (Goes Arya/balipost)

Baca juga:  Periksa Makanan di 6 Pasar, Masih Ditemukan Kandungan Formalin
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *