Suasana pelaksanaan pecaruan di Pura Dalem Sukaluwih usai kebakaran dua bangunan utamanya. (BP/ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pascakebakaran 2 bangunan utama, pengempon Pura Dalem Sukaluwih Desa Pakraman Batuan menggelar pecaruan, bertepatan dengan rahina Kajeng Kliwon, Senin (26/3). Warga pun memastikan akan mempercepat pembangunan kembali 2 bangunan utama yakni Bale Peselang Agung dan Bale Pengias Agung yang sebelumnya terbakar.

Sebab, pada Buda Kliwon Dungulan/Galungan, Rabu 30 Mei 2018 ini merupakan pujawali di Pura ini. “Sebisa mungkin, 2 bangunan utama ini harus segera diperbaiki sebelum piodalan nadi pas Galungan nanti,” jelas Kelihan Pura Dalem Sukaluwih, I Wayan Teja Atmaja.

Pihaknya pun harus memanfaatkan waktu yang tersisa sekitar 2 bulan. Awal April ini bale pengias agung akan diperbaiki terlebih dahulu. Atmaja juga mengaku sudah mohon petunjuk pada Ida Peranda Grya Gede Kemenuh. “ Berdasarkan petunjuk pembuatan atap diminta untuk tetap memakai ijuk,” jelasnya.

Baca juga:  Kebakaran, Kerugian Diperkirakan Puluhan Juta Rupiah

Terkait dugaan penyebab kebakaran karena korsleting listrik, menurut Teja hal tersebut mustahil. Sebab, setelah dicek tidak ditemukan adanya kabel yang terbakar. “Tidak mungkin korsleting,” tegasnya.

Meski demikian pihaknya sudah sepakat bahwa kebakaran ini musibah. Tidak akan menuntut siapa pun.

Untuk pembangunan nanti, masih akan dimanfaatkan atau dipergunakan bagian bangunan yang tidak kena api. “Yang masih bisa dipakai, akan dipakai,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.