Ginseng. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Secara tradisional, akar dari tanaman ginseng dipakai untuk membantu mengatasi berbagai kondisi medis. Ginseng juga dikenal sebagai penambah stamina, saat pertama kali diolah secara herbal di Cina.

Baik ginseng dari Amerika maupun Asia, keduanya diyakini memiliki khasiat yang sama. Salah satunya yaitu meningkatkan stamina tubuh. Ginseng juga kaya akan asam folat, zat besi, mineral, serta enzim. Kandungan vitamin di dalam ginseng pun cukup beragam, seperti vitamin B1, B2, B12, dan C.

Kini, tanaman yang tumbuh subur di Korea Selatan ini dikembangkan menjadi makanan dan minuman penambah energi, kosmetik, serta sabun. Lantas, apakah sampai di situ saja manfaat ginseng? Tentu tidak. Ini beragam manfaat ginseng lainnya dikutip dari klikdokter.com :

1. Meningkatkan stamina

Karena mengandung zat saponin, ginseng berkhasiat menjaga stamina tubuh. Kandungan zat dan nutrisinya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan dan meningkatkan stamina tinggi. Ginseng aman dikonsumsi setiap hari. Ginseng sangat tepat untuk para atlet yang harus menjaga stamina secara konsisten.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ginseng memiliki sifat adaptogenik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya yaitu dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi di dalam darah, sehingga dapat melawan infeksi.

3. Menghilangkan stres

Saat stres berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kandungan yang ada di dalam ginseng dapat membantu menghilangkan stres.

Baca juga:  Ini, 4 Sayuran Jaga Kesehatan Jantung

Di samping itu, aroma yang dikeluarkan ginseng yang telah diolah (seperti direbus) dapat menenangkan pikiran. Ginseng juga biasanya digunakan sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan.

Khasiat lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan mental, mengubah suasana hati (mood), dan menghilangkan rasa lelah. Lebih dari itu, adaptogenik pada ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

4. Membantu mengatasi insomnia

Keluhan susah tidur (insomnia) tentu pernah dialami setiap orang. Meski banyak hal yang menyebabkan insomnia, ginseng tetap dapat mengatasi keluhan ini. Hal ini terjadi karena zat gizi di dalam ginseng dapat terserap sempurna, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

5. Merangsang sistem saraf otak

Beberapa riset menyatakan ginseng mampu meningkatkan memori otak dengan cara memperbaiki sel saraf otak. Pasalnya, dulu ginseng memang sering dipakai untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti demensia. Secara tidak langsung, bisa dibilang ginseng berkhasiat meningkatkan kualitas hidup.

Ginseng mengandung banyak zat aktif. Zat yang dianggap paling penting disebut ginsenosides atau panaxosides. Ginsenosides adalah istilah yang diciptakan oleh periset Asia, dan istilah panaxosides dipilih oleh periset Rusia.

Ginseng memang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Namun, konsumsi ginseng tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Begitu juga jika sedang mengonsumsi obat hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. (Goes Arya/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.