DENPASAR, BALIPOST.com – Pimpinan TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam IX/Udayana berserta jajarannya menegaskan tetap komit menjaga netralitas. Meskipun prajurit TNI dilibatkan dalam pengamanan pilkada dan pilpres mendatang.

Agar tidak terjadi salah persepsi di lapangan, anggota Kodam diberi pembekalan terkait komunikasi sosial (Komsos) yang baik. Komsos merupakan salah satu metoda yang diterapkan TNI Angkatan Darat (AD) dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial. Dalam upaya meningkatkan kemampuan tersebut, Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan peningkatan Komsos, Rabu (14/2) di Gedung Barak Siaga, Makodam, Denpasar.

“Sasaran yang ingin kita dicapai adalah agar prajurit Kodam IX/Udayana memahami kebijakan Kasad, khususnya di bidang teritorial dan dapat mengaplikasikan dengan benar dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Selain itu terwujudnya sikap netral dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada dan Pilpres mendatang,” tegas Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf. J. Hotman Hutahaean.

Baca juga:  Tahun Politik, Tentara Tidak Boleh Dijadikan Alat 

Kegiatan tersebut diikuti 200 prajurit perwakilan dari masing-masing satuan jajaran Kodam IX/Udayana. Dalam cara tersebut Pangdam Mayjen TNI Benny Susianto diwakili Asisten Teritorial Kasdam Kolonel Inf I Kadek Subawa.

Dalam sambutannya, Aster menyampaikan kegiatan peningkatan Komsos ini merupakan penjabaran dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat Tahun 2018, khususnya di bidang teritorial. Sedangkan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pajurit Kodam dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa.

Dengan demikian, nantinya anggota mampu memberikan pemahaman kepada komponen bangsa tentang tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dan penyiapan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat untuk mendukung pertahanan negara. (Kerta Negara/balipost)

Ketfoto:
Peningkatan Komsos di jajaran Kodam IX/Udayana.(ist)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.