Bambang Soesatyo. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak pemerintah daerah merealisasikan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBD. Menurutnya, bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan pendidikan bisa terlihat pada pengalokasian dana di APBD.

“Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif,” kata Bamsoet panggilan akrabnya di Jakarta, Senin (12/2).

Penegasan tersebut disampaikannya guna merespons ketidakseriusan pemda dalam mengalokasikan 20 persen dana dari APBD untuk sektor pendidikan. Padahal, jumlah dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah meningkat.

Di tingkat pusat, DPR juga akan mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar lebih sinkron dalam hal penggunaan anggaran pendidikan di APBD.

Baca juga:  DPR-Polri MoU Jaga Keamanan DPR

“Meminta Komisi X mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan,” tegasnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi X DPR mengevaluasi pengalokasian dana 20 persen dari APBD untuk pendidikan. “Sehingga target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran,” tandasnya. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.