Kapolres Gianyar AKBP Djoni Widodo saat menunjukkan Posko Digital di Mapolres Gianyar. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Polres Gianyar mulai mematangkan berbagai persiapan untuk mengamankan perosesi Pilkada Gianyar. Seperti simulasi Sispamkota, rapat koordinasi lintas sektoral penyelenggara Pilkada hingga mengoptimalkan posko digital Polres Gianyar.

Kapolres Gianyar, AKBP Djoni Widodo menjelaskan, posko digital ini ada untuk merekam dan mengupload data situasi Kambtibmas di Gianyar. Seperti namanya, dalam Posko Digital ini menyajikan data secara digital. Tinggal klik, informasi yang ingin didapatkan seputar kondisi wilayah Gianyar saat Pilkada bisa dipantau.

“Setiap petugas yang melakukan penjagaan, wajib menginformasikan kondisi di lapangan ke piket jaga posko. Data yang masuk nanti akan ditabulasi, sehingga ketika kita perlu informasi tersebut tinggal klik,” jelasnya.

Baca juga:  Paket "Aman" Terima Rekomendasi di Pasar Umum Gianyar, Parta Legowo

Dijelaskan, posko digital ini telah merangkum data-data terkait Pilkada Gianyar. Mulai dari kandidat pasangan calon, tahapan Pilkada, termasuk titik-titik rawan konflik.

Selain disajikan dalam digital, data juga diprint out dalam bentuk manual. “Ya, kadang gangguan teknis tidak bisa kita hindari. Semisal listrik padam, sehingga perlu dibuatkan secara manual juga,” terangnya.

Sementara untuk memonitor situasi Kamtibmas secara keseluruhan, Polres Gianyar juga punya Posko Satgas Nusantara. “Posko ini ditekankan fungsi intelijennya. Untuk mendeteksi kemungkinan konfilk sosial, SARA, tanah, maupun adat di Gianyar,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.