Daging merah, salah satu bahan makanan yang memicu asam urat. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Faktor utama penyebab penyakit asam urat adalah peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh, atau bahasa medisnya adalah hiperuresemia. Meskipun faktor risiko terjadinya asam urat bisa disebabkan berbagai hal, tetapi asupan makanan yang tinggi purin, yaitu bahan pembentuk asam urat, merupakan faktor utama penyebab penyakit ini.

Saat Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi, tubuh akan menghasilkan asam urat agar kandungan purin tersebut dapat dibuang keluar dari tubuh. Purin di dalam tubuh akan dibuang dalam bentuk asam urat melalui urine.

Jika jumlahnya berlebihan, maka tubuh akan kesulitan untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh. Dan jika kadar purin semakin menumpuk, maka akan terbentuk kristal natrium urat di persendian.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu peningkatan asam urat di dalam tubuh, dikutip dari klikdokter.com :

1. Seafood

Makanan laut seperti kerang, udang, atau lobster merupakan kelompok dengan kandungan purin tinggi. Jika Anda rutin mengonsumsi seafood dua kali dalam seminggu, maka risiko Anda mengalami peningkatan asam urat adalah sebanyak 7%.

2. Jeroan

Jeroan seperti hati, ginjal, babat, rempela, serta kikil memiliki kandungan purin yang tinggi.

3. Daging merah

Jenis daging yang banyak mengandung purin adalah daging merah. Saat daging merah masuk ke dalam tubuh dan dicerna ke dalam saluran pencernanan, enzim pencernaan akan memecah protein pada daging ke dalam bentuk asam amino.

Baca juga:  Razia Kantin Sekolah, Dinkes Tabanan Periksa Makanan dari Zat Berbahaya

4. Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, sarden termasuk kelompok yang memiliki kandungan purin sedang. Makanan ini masih boleh dikonsumsi asal asupannya dibatasi.

5. Asparagus

Asparagus termasuk ke dalam kelompok yang memiliki kandungan purin tinggi yaitu, sebanyak 150 mg.

6. Kacang kedelai

Produk kacang kedelai seperti tofu, tempe, dan susu kedelai tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi karena mengandung protein tinggi. Semakin tinggi kadar protein yang masuk ke dalam tubuh, maka kandungan asam urat yang berada di dalam tubuh pun akan meningkat.

7. Daging ayam

Dada ayam beserta kulitnya termasuk ke dalam kelompok dengan kandungan purin tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan akan memicu peningkatan asam urat di dalam tubuh, karena kandungan zat purinnya berjumlah 175 mg/100 gram.

Tampaknya sulit untuk menghindari makanan-makanan yang disebutkan di atas. Tapi jangan khawatir, Anda tentu dapat tetap mengonsumsinya asal asupannya dibatasi. Beberapa jenis makanan yang dikenal tinggi purin seperti ikan salmon dan tuna memiliki kandungan omega-3 yang dibutuhkan tubuh. Tapi ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk tetap menjaga kadar asam urat, selain menghindari makanan pemicu asam urat, perbanyak asupan air putih minimal 8 gelas per hari. Hindari minuman beralkohol karena alkohol juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Dan yang tak kalah penting, terapkan pola diet sehat untuk menjaga berat badan tetap stabil. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.