DENPASAR, BALIPOST.com – Merebak luasnya tren berkendara dan lifestyle ala Maxi Yamaha (TMAX, XMAX, NMAX dan AEROX 155) membuat banyak aktivitas digelar untuk menampung kreatifitas para pecintanya. Konsumen dan komunitas Maxi Yamaha berkembang pesat serta penjualannya terus tumbuh hingga mencapai lebih dari 600 ribu unit sejak 2015.

Fenomena itu turut merangsang menjamurnya modifikasi yang merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai penggila motor. Untuk menampung hobi dan kesukaan mereka, Yamaha mengapresiasinya dengan mengggelar Customaxi Yamaha. Ajang modifikasi motor-motor Maxi Yamaha ini bisa dibilang sebagai online kontes modifikasi terbesar dan pertama dilakukan secara online di Indonesia.

Uniknya, kontes ini tidak seperti biasanya dibuat dengan motor-motor peserta berjejer di tempat modifikasi yang terlihat langsung oleh pengunjung. Tapi ini cukup dilihat di www.customaxiyamaha.com.

Kategori Customaxi dibagi 3, yaitu XMAX, NMAX, dan AEROX 155. Selain itu juga ada kontes Maxi Lady sebagai ajang pamer Maxi Outfit bagi para perempuan pengguna Maxi Yamaha.

Setelah melewati tahap registrasi dan eliminasi yang berlangsung sejak 12 November 2017, para kontestan yang lolos berhak mengikuti tahap semifinal di masing-masing region yang tersebar di delapan Kota se-Indonesia. Untuk di Bali, semifinal digelar Sabtu (13/1) di Angkringan Monjali Jalan Mahendradata, Denpasar.

Andri Fistulariyanto, Promotion DDS Bali, mengatakan peserta Customaxi di Bali mencapai 65 peserta dan yang lolos ke semifinal hanya 33 peserta yang terdiri dari 3 peserta XMAX, 23 peserta NMAX, 7 peserta Aerox 155, dan 7 peserta Maxi Lady. Pada tahap semifinal ini, Yamaha memberikan kesempatan pada para semi finalis memperlihatkan hasil karya modifikasi Maxi Yamaha.

Baca juga:  Seribuan Peserta Yamaha MAXI Series Gelar MAXI Day for Karangasem

Lalu dilakukan penjurian langsung untuk menentukan 3 pemenang regional Bali (1 pemenang/kategori) yang berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 3.000.000 dan berkesempatan mengikuti tahap final Customaxi di Jakarta pada 24 Februari  2017 mendatang. “Sebelum memasuki tahap final Customaxi Yamaha masing-masing finalis akan dibuatkan mini movie modifikasi yang akan di-upload di Instagram @maxiyamahaindonesia. Masing-masing finalis diberi kesempatan untuk mengumpulkan dukungan untuk mini movie mereka sebagai salah satu kriteria penilaian tahap final yang akan memperebutkan 1 unit Aerox 155 S Version, 1 unit NMAX ABS, 1 unit NMAX ABS, dan 1 unit XMAX,” ujar Andri, Sabtu (13/1).

Ignatius Eggy, Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor MFG, menjelaskan penilaian kompetisi mengutamakan penampilan luar bukan kecanggihan atau modifikasi mesin. Ide atau inovasi, tampilan luar dan trik modifikasi (tingkat kesulitan) menjadi faktor utama dalam penilaian.

Adapun motor yang mengikuti kompetisi harus dilengkapi komponen wajib sesuai peraturan lalu lintas. Peserta diperbolehkan melakukan perubahan perangkat handle bar, namun wajib mempertahankan logo Yamaha dan logo merek motor.

Setelah dilakukan penjurian, finalis yang lolos ke final yaitu Roberth Elim (Yamaha XMax 2017), Anak Agung Ngurah Ascarya (Yamaha Aerox 2017), Teguh Kartika Putra (Yamaha NMax 2015), dan Putu Lea Epardi (Maxi Lady). (Winata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.