SEMARAPURA, BALIPOST.com – Perayaan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72 dan Hari Guru Nasional di Kabupaten Klungkung berlangsung di  Aula SMAN 2 Semarapura, Sabtu (25/11) kemarin. Melalui ini, para tenaga pendidik diminta untuk lebih gencar menerapkan pendidikan karakter pada seluruh siswa.  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengungkapkan perayaan ini bukan hanya sebagai seremonial semata. Namun lebih penting dari itu, harus dijadikan momentum untuk memperbaiki dunia pendidikan. Ini pun tak hanya terbatas pada proses belajar-mengajar. Tetapi lebih mengarah pada pendidikan karakter peserta didik. Sebab itu sebagai modal utama dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, sehingga dapat berperan dalam pembangunan daerah maupun negara.  “Karena itu, peran guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Harus mempunyai karakter yang kuat, disiplin,” katanya.

Penguatan karakter sudah sering dikampanyekan. Salah satunya melalalui pembinaan tenaga pendidik yang rutin menyasar jenjang PAUD hingga SMA. Pada kesempatan itu, bupati asal Nusa Ceningan ini juga menyampaikan selama pelaksanaan bedah desa yang telah dilakukannya masih banyak ditemukan anak usia sekolah yang tidak mau menempuh pendidikan. Menurutnya, fenomena ini menjadi tantangan bersama. Oleh sebab itu, PGRI diminta untuk ikut serta melakukan aksi sosial untuk mengatasi tantangan tersebut dengan memberikan motivasi “Guru jangan hanya melakukan rutinitas mengajar, tapi bagaimana memotivasi siswa agar siswa bisa meningkatkan prestasinya,” tegasnya.

Baca juga:  Inovasi Pelayanan Publik, Pemkab Klungkung Studi ke Bandung

Ketua PGRI klungkung, Dewa Gde Darmawan menambahkan, melalui momen ini, guru diharapkan lebih menyadari tugasnya sebagai agen perubahan. Karena itu sangat penting adanya meningkatkan profesionalisme sehingga mampu melahirkan SDM berkualitas, unggul dan adiluhung. “Guru juga harus siap berkompetisi untuk peningkatan kualitas baik diri, sekolah maupun siswa,” ujarnya. Perayaan juga diisi penyerahan penghargaan kepada 21 guru berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. (Ad)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.