AMLAPURA, BALIPOST.com – Gunung Agung kembali meletus freatik sekitar pukul 17:20 Wita. Letusan yang dipicu uap air itu tercatat di Stasiun Dukuh.

Menurut laporan dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, secara visual teramati pukul 17:30 wita dari daerah Culik dan Batulompeh kearah Barat-Barat daya, asap kelabu-kehitaman tekanan sedang dengan ketinggian 1.500 meter. Saat ini teramati cuaca mendung dan angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 26-27 °C dan kelembaban udara 79-85 %.

Vulkanik Dangkal tercatat 1 dengan amplitudo 9 mm, durasi 16 detik, sementara itu Tektonik Jauh berjumlah 1 kali, amplitudo 2 mm, S-P 13 detik, durasi 52 detik.

Status Gunung Agung masih berada di level III (Siaga). Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 km. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.