JAKARTA, BALIPOST.com – Pariwisata Palembang kembali mendapat angin segar. Mulai Kamis (23/11), penerbangan low cost Singapore Airlines Group, Scoot, membuka rute penerbangan langsung Palembang-Singapura. Penerbangan rute Singapura-Palembang itu langsung dilayani dengan frekuensi penerbangan empat kali seminggu.

“Sudah start sejak Kamis. Ini memberi angin segar bagi masa depan pariwisata Indonesia. Ada optimisme baru yang terbangun,” ucap Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizki Handayani Mustafa, Jumat (24/11).

Optimisme itu sangat beralasan. Maklum, destinasi Palembang memang luar biasa. Dari mulai wisata alam, telusur Sungai Musi,  Pulau Kamaro, sampai Air Terjun Bidadari, semuanya ada. Wisata sejarahnya juga yahud. Ada Benteng Kuto Besak dan Bukit Siguntang yang menyimpan cerita raja-raja Melayu. Selain itu, ada juga Museum Bala Kuta Dewa. Kulinernya? Jangan ditanya lagi. Pempek, Mie Celor serta pindang, semuanya dijamin maknyuz. Sangat sayang untuk dilewatkan.

“Dan ini sangat cocok dengan karakter wisman Singapura. Silakan datang dan buktikan sendiri terbang dengan Scoot ke Palembang,” ajaknya.

Kepala Komersial Scoot (Chief Commercial Officer Scoot)  Vinod Kannan juga seirama. Dia bahkan mengaku siap mempromosikan pariwisata Palembang di seluruh jaringannya.

“Kami akan mempromosikan ke seluruh negara yang dilayani Scoot. Jaringan maskapai penerbangan Scoot saat ini mencakup 61 destinasi atau wilayah layanan di 16 negara. Antara lain, Tiongkok, India, Australia, Arab Saudi, dan Yunani,” ucap Vinod.

Baca juga:  Video Jawara UNWTO Award "Bintang" di Wonderful Indonesia Tourism Awards 2017

Dia bahkan tak ragu menyebut Palembang sebagai Venesia dari Timur. Baginya, kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini kaya akan sejarah dan warisan budaya. “Kota ini memiliki potensi wisata yang luar biasa, ” kata Vinod.

Dalam acara yang dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Prov Sumsel. Kabid Pemasaran Disparda Prov  Sumsel, Plt. Executive GM PT. Angkasa Pura II serta GM Scoot Indonesia Mr. Jemmy Lauw tersebut, Vinod menyatakan keyakinannya akan perkembangan frekuensi penerbangan dari Singapura ke Palembang.

“Untuk awal, frekuensi penerbangannya empat kali dalam sepekan, yakni Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Kami yakin akan terus berkembang. Dan kami siap menambah jadwal penerbangan Singapura –  Palembang. Saat ini kita menggunakan armada pesawat jenis A320 berkapasitas 180 penumpang “ ujar Vinod.

Menpar Arief Yahya menyambut gembira hal tersebut. Menurutnya hal ini merupakan satu langkah besar dalam pengembangan pariwisata Sumatera Selatan. “Ini namanya doble bonus. Aksesnya makin mudah, promonya pun makin menggema. Terimakasih untuk Scoot atas dukungannya,” kata Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.