TULUNGAGUNG, BALIPOST.com – Memperingati hari jadi yang ke-812, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar ritual bersih nagari. Hal ini dilakukan sebagai wujud syukur pada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan rahmat yang diberikan.

Upacara Bersih Nagari ini diawali dengan arakan–arakan pejabat daerah yang menumpangi kereta kencana. Selain itu, ada pula yang mengendarai becak yang dihias sedemikian rupa.

Dalam barisan tersebut, terdapat pula para prajurit yang membawa pataka untuk diserahkan kepada Bupati Tulungagung. Tari-tarian tradisional pun mengiringi prosesi ritual yang menjadikan suasana semakin sakral.

Bau khas kemenyan pun mulai menguar di udara, dan dengan penuh khidmad, pataka lambang pusaka pemerintahan Kabupaten Tulungagung diserahkan ke Bupati Tulungagung, Syahri Milyo.

Baca juga:  Upacara Nyiramang Layon IB Raka Wiryanatha

Menurut Syahri, Ritual Bersih Nagari ini digelar untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung yang ke-812. Kegiatan ini merupakan wijud syukur masyarakat Tulungagung kepada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan rahmat yang diberikan.

Di penghujung acara warga rebutan gunungan lanang dan wadhon. Warga sekitar percaya jika mendapatkan salah satu makanan atau pun sayuran dari gunungan tersebut akan terhindar dari bala dan rejeki menjadi lancar.

Kirab tumpeng Bersih Nagari ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara ke kota yang mendapat julukan kota marmer itu. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.