padat karya
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka kegiatan penyerapan tenaga kerja melalui pola padat karya di Dusun Pasekan, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Selasa (14/11). (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kegiatan penyerapan Tenaga Kerja (Naker) dengan pola padat karya berlangsung di Dusun Pasekan Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Selasa (14/11). Kegiatan berupa pembangunan jalan sepanjang 700 meter yang dibuka Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ini sebagai salah satu bagian dari pemberdayaan masyarakat. Langkah ini nantinya bermuara pada penurunan angka pengangguran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya menyatakan keberadaan jalan itu tak hanya akan memperlancar mobilitas masyarakat. Namun juga akan mempermudah menuju Pura Bukit Lingga. Pengerjaannya yang berlangsung dengan pola padat karya akan mampu memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. “Ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat pengangguran, setengah menganggur, dan masyarakat miskin,” ungkapnya.

Tenaga kerja yang dikerahkan dalam pengerjaan proyek bidang infrastruktur ini melibatkan ratusan masyarakat. Upah yang diberikan pun bervariasi. Untuk pengayah Rp 80 ribu per hari dengan 8 jam kerja, tukang Rp 85.000,00 per hari. “Ini berlangsung selama 20 hari,” bebernya birokrat asal Desa Selisihan, Klungkung ini.

Baca juga:  Gelar Sidak ke PLTU Celukan Bawang, DPRD Soroti Rendahkan Serapan Naker Lokal

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan kegiatan ini menjadi salah satu langkah strategis untuk pengentasan pengangguran dan kemiskinan. Selain itu, pengerjaannya yang dilakukan secara bersama-sama, juga akan mampu mempercepat penuntasan, disamping juga akan memunculkan sikap kebersamaan dan gotong royong pada masyarakat yang sejalan dengan slogan aksi Gema Santi. “Inilah Pengertian Gema Santi yang sesungguhnya,” ujarnya, didampingi Wakil Bupati, I Made Kasta.

Pemberdayaan masyarakat dengan pola ini diharapkan juga dapat berlangsung di tempat lain, seperti pembukaan akses, pembuatan jalan stapak, maupun jalan kawasan pertanian. “Penerapan konsep ini, dari, oleh, dan untuk kita. Ini sebagai percepatan pembangunan,” tegasnya.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan menyerahkan alat kerja secara simbolis kepada 4 warga Desa Dawan Kaler serta melakukan prosesi peletakan batu pertama. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Distrik Militer 1610/Klungkung Letnan Kolonel Kav. Jacob Janes Patty, Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana, Perbekel Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa dan undangan terkait lainnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.