Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor bersama Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation saat memberi penjelasan di Copen Local Base Cafe Autlet. (BP/dir)
TOKYO, BALIPOST.com – Daihatsu Motor Company (DMC) terus melakukan inovasi. Tak hanya dalam bidang produk tetapi juga dalam strategi mengelola pasar.

Dengan pendekatan pemasaran berbasis café dan pengembangan CSR, DMC terus merangkul dan menjaga kesetiaan pencita produknya. Tingkat kepuasan pelanggan pun menjadi rujukan utama. Kata kuncinya kebahagiaan. Kebahagiaan bagi semua komponen kini menjadi rujukan DMC dalam membangun jaringan bisnisnya.

Setidaknya ini salah satu poin penting yang bisa diapresiasi pada kunjungan jurnalis atas undangan DMC ke Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Para wartawan tak hanya diajak melihat produk dan pameran mobil-mobil baru di negeri Sakura, selama sepekan di Jepang, para jurnalis Indonesia juga diperkenalkan dengan strategi pemasaran DMC.

Didampingi Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, para wartawan diajak mengunjungi sejumlah tempat yang memiliki kontribusi dalam pemasaran produk-produk Daihatsu. Ikut dalam tim, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Dalam memperkenalkan sistem pemasaran dan layanan konsumennya, para jurnalis diajak ke sejumlah café. Café pertama yang dikunjungi ada di kota Kamakura. Kota ini menjadi salah satu ruang pajang mobil dengan model khusus. Copen Local Base Café Outlet, itu namanya.

Outlet ini berfungsi sebagai tempat santai dan bertemu pemilik mobil Daihatsu. Pusat Kolaborasi dengan komunitas lokal dan tempat untuk melakukan komukasi bisnis antara dealer dengan para distributor.

Sistem pemasaran yang akrab dan dekat dengan pelanggan ini terus dikembangkan Daihatsu. Pengunjung atau pemilik Daihatsu bisa datang ke tempat ini sambil minum.

Di cafe ini dipajang satu mobil Copen buatan 2014 sebagai daya tarik. “Ini merupakan model yang diterapkan di Jepang, dan kemungkinan bisa diadopsi di Indonesia,’’ jelas Amelia Tjandra.

Tak hanya melihat Copen Local Base Café, keesokan harinya para jurnalis langsung berkunjung ke parakitan Copen. Di lokasi ini, tim diperkenankan melihat para pekerja dan mekanik Daihatsu merakit mobil Copen, mobil dengan dengan CC kecil namun memiliki desain yang sangat khas dan elegan. Mobil dengan dua tempat duduk ini dirancang dengan sangat sempurna.

Baca juga:  Tahun Ini, Guardian akan Fokus Pasar Lokal

Konsep pemasaran Daihatsu lainnya ada di kota Shiga, tepatnya di Ritto. Konsepnya juga mirip cafe namun layanannya diperluas.

Di sini juga dijual mobil-mobil baru Daihatsu. Di outlet ini konsep pemasaran dilakukan dengan bentuk cafe, layanan bengkel dan penjualan onderdil mobil. Khusus pegunjung bengkel bisa melakukan layanan online dan saat menunggu bisa menikmati layanan pijat serta bisa menikmati makanan dan minuman yang disediakan kafe. Semuanya gratis.

Konsumen di sini dilayani dengan pendekatan kebahagiaan. Pemilik Shiga Daihatsu, Keichi Gato mengatakan ada lima konsep layanan berbasis kebahagiaan yang diterapkan. Kelima konsep itu adalah karyawan bahagia, konsumen bahagia, relasi bahagia, group Daihatsu bahagia, serta komunitas lokal bahagia. “Kami yakin jika karyawan bahagia, produknya termasuk produktivitasnya akan bagus. Ini akan erat kaitanya dengan kebahagiaan konsumen,” ujar Gato.

Manajemen kebahagiaan ini merupakan hasil kajian selama bertahun-tahun sebagai jawaban mengatasi persaingan pasar. Gato yang kini mengelola 14 outlet di Kota Shiga mengakui bahwa kebahagiaan relasi Daihatsu, bisnis group juga harus dibangun dengan melakukan komunikasi dan layanan prima. Sedangkan untuk menjaga interaksi dengan komunitas lokal pihaknya melakukan berbagai kegiatan berbasis budaya lokal.

Hendrayadi Lastiyoso mengaku sudah mengadopsi sistem pemasaran ini di sehumlah outlet Daihatsu di Indonesia. Pihaknya berkomitmen akan terus membangun dan menjaga kebahagiaan pelanggan Daihatsu. “Kami Daihatsu benar-benar konsisten menjabarkan Daihatsu Sahabatku,” katanya. (Dira Arsana/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.