SEMARAPURA, BALIPOST.com – Perputaran ekonomi masyarakat Klungkung salah satunya terlihat di Pasar Galiran, Semarapura Klod. Jelang Hari Raya Galungan, kunjungannya mengalami peningkatan signifikan.

Situasi ini mendapat perhatian Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melalui monitoring bersama instansi terkait, Senin (30/10) kemarin. Kunjungan dilakukan di semua blok pasar Galiran. Situasi jual beli terlihat ramai. Namun, sejumlah pedagang masih terlihat menaruh beberapa dagangannya di luar tempat yang semestinya, seperti dijalan atau gang didalam pasar.

Situasi ini, menurut Bupati, masih jauh dari harapan. Diharapkan kedepannya tidak kembali terjadi sehingga pasar terlihat nyaman, aman dan ramai.

Kondisi yang sama juga terlihat diluar bangunan pasar. Dibeberapa titik bagian luar, seperti sebelah utara, barat dan selatan mengalami peningkatan kunjungan, bahkan terbilang sangat padat. Namun dititik lain seperti di timur pasar terlihat sedikit lengang dan sejumlah kios nampat tutup.

Baca juga:  Tinggal Jauh dari Permukiman, Begini Kehidupan Tiga KK Miskin di Klungkung

Tidak meratanya titik keramaian ini menjadi perhatian Bupati Suwirta. Dinas terkait diminta untuk melakukan evaluasi penataan agar keramaian merata, khususnya menjelang hari raya. Hal ini pun harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. “Jauh-jauh hari harus diantisipasi, sehingga kejadian yang rutin tidak harus terjadi seperti ini. Pedagang pun kami harapkan bisa menciptakan kenyamanan pasar. Dagangan harus tertata rapi,” ujar Bupati Suwirta.

Kenyamanan pengunjung pasar sangat didukung penataan parkir. Menurut Bupati, ini sudah terlihat rapi. Ramainya kunjungan ke pasar yang menjual berbagai macam kebutuhan ini, keamanan juga harus menjadi perhatian.

Meski telah dipasang kamera pengawas atau CCTV di beberapa titik, petugas pasar harus tetap siap dalam membaca situasi untuk meningkatkan kewaspadaan, sehingga tidak sampai tarjadi kasus kejahatan. “Terkait keamanan, kesiapan petugas menjaga situasi harus ditingkatkan kewaspadaannya,” pintanya. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.