SINGAPURA, BALIPOST.com – Danau Toba dipromosikan paten di ITB Asia 2017. Sebanyak 895 quality buyers dibuat terpana oleh Dirut Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo yang menyampaikan paparan. Audience di Marina Bay Sands Singapura langsung senyap. Semua dibuat terpukau oleh pesona Danau Toba yang sedang dipersiapkan menjadi ’10 Bali Baru’.

Destination Showcase yang diarrange Messe Berlin Singapore itu terasa beda ketika Arie Prasetyo menyampaikan paparan, Kamis (26/10). Audience terlihat sangat serius. Semua kompak menyimak poin demi poin yang dilontarkan pria berkacamata itu. Selama 20 menit, quality buyers dari berbagai belahan dunia, seperti diajak berkelana di Danau Toba.

“Indonesiapunya Danau Toba, salah satu destinsi yang sedang dikembangkan menjadi 10 Bali Baru,” katanya menjelaskan.

Keistimewaan Danau Toba dipaparkan secara detail. Gambarannya diarahkan ke global standard yang layak dijadikan tujuan wisata kelas dunia. Fakta pertama, Danau Toba adalah danau terdalam di dunia. Itu  tak bisa terbantahkan. Danau vulkanik terbesar di dunia, juga tak ada yang bisa membantah.

Dan untuk urusan size, Danau Toba adalah danau nomor dua terbesar setelah Victoria Lake di Afrika. “Di tengah Danau Toba juga ada Pulau Samosir. Luasnya 64 ribu hektare, tidak kalah dengan luas Singapura,” tambahnya.

Culturenya pun sangat oke. Julukan home of Ancient Ancient Bataknese Culture ada di sana. Belum lagi atraksinya.  Even sport tourism global seperti Toba Grand Fondo sudah pernah digelar di sana. Bahkan Karnaval Pesona Danau Toba yang ikut dihadiri Presiden Joko Widodo juga pernah
digelar di sana.

Aksesnya? Sudah terbuka lebar. Penerbangan dari Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Jakarta dan sejumlah kota di Indonesia sudah rajin bolak balik masuk ke Kualanamu, Medan.

Baca juga:  Disambangi Harley Davidson, Wayang Ajen Sukses Sihir Garut

Yang mau lebih singkat lagi? Bisa landing di Silangit. Pada 28 Oktober 2017 nanti, bandaranya bakal segera ditembus penerbangan dari Singapura. Ini akan melengkapi perbangan domestik yang sudah lebih dulu dibuka dari Jakarta dan Kualanamu.

“Pada 28 Oktober 2017, pesawat dari Singapura sudah dapat mendarat di bandara Silangit dan ini merupakan penerbangan internasional pertama yang direct ke bandara Silangit,” paparnya.

Prosesnya digaransi bakal smooth. Maklum, progressnya dikawal langsung Presiden Joko Widodo. Pada 14 Oktober 2017, Presiden sampai turun langsung meninjau kesiapan destinasi Danau Toba di Sumatera Utara. “Menurut Presiden Jokowi, kecantikan Danau Toba sangat potensial untuk pariwisata. Silakan berinvestasi, bangun hotel, resort, convention center, Floating Jetty, Lake Cruise, Sea Plane, Aerosport dan Cable Car,” ajak Arie.

Dan bagi buyers dunia yang penasaran, Arie pun sudah menyiapkan paket perjalanan wisata yang menarik. Dan semuanya bisa didapatkan di periode 28 Oktober – 21 November 2017. “Ada yang 3D2N seharga SGD 299, 4D3N seharga SGD 349, hingga 5D4N seharga SGD 489,” terangnya.

Ajakan itu langsung disambut Menpar Arief Yahya dengan penuh semangat. Nada optimisme tinggi pun langsung ia utarakan. “Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin tertinggi sudah menunjukkan komitmennya. Pariwisata sebagai leading sector perekonomian nasional. Presiden juga sudah meninjau langsung ke Danau Toba dan menunjukkan dukungannya. Jadi silakan berinvestasi. Silakan ke Danau Toba. Dijamin Anda tidak akan rugi,” ujar Menpar Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.