Wabup Mahayastra membuka Porsenides II Singapadu Tengah. (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra membuka Porsenides II Desa Singapadu Tengah di halaman sekolah SDN2 Singapadu Tengah, Jumat (20/10) sore. Hadir dalam acara itu anggota DPRD Bali Nyoman Parta, Ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta, Camat Sukawati Anak Agung Putrawan, Kepala Desa Se-Kecamatan Sukawati dan perangkat Desa Pakraman se–Desa Singapadu Tengah.

Lima banjar se-Singapadu Tengah turut menyukseskan kegiatan seni itu di antaranya Banjar Belaluan, Abasan, Grya Kutri, Negari dan Kutri. Tak ketinggalan para wisatawan mancanegara menyaksikan pagelaran seni Bale Ganjur. Masing-masing banjar tampil apik unjuk kebolehan hasil karyanya.

Wabup Mahayastra mengapresiasi tinggi atas terselenggaranya kegiatan seni itu, karena mampu menampilkan kebolehannya membuat penonton memberikan aplaus bergiliran, tak mengherankan suasana sangat meriah dapat tercipta. “Saya bangga dengan Desa Singapadu Tengah, masing-masing banjar telah menampilkan kebolehannya, dengan penuh semangat menjunjung tinggi sportivitas untuk melestarikan adat seni dan budaya yang bermakna ini,” terangnya.

Lebih jauh diungkapkan agar kegiatan rutinitas tahunan ini dapat konsisten dilaksanakan tidak saja di Desa Singapadu Tengah, melainkan seluruh Desa yang ada di Kabupaten Gianyar. Sehingga nantinya dapat sebagai ajang pelestarian seni, dan menciptakan seniman-seniman muda yang berbakat demi Gianyar tercinta. “Singapadu sebelum pemekaran merupakan lumbung seninya masyarakat Gianyar, banyak maestro maestro seni lahir di bumi ini, kreatifitasnya yang melegenda ada disini, semoga langkah ini menular ke desa-desa lainnya untuk berkarya seni agar bertaksu melalui proses seni yang sejati,” terang Agus Mahayastra.

Baca juga:  Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Mahayastra Serahkan Bantuan Mobil Ke PMI Gianyar

Sebagai pertanda dibukanya Porsenides II Singapadu Tengah, pria asal Melinggih Payangan itu didaulat memukul kendang.

Sedangkan menurut Ketua Panitia Ida Bagus Ketut Parwata, pelaksanaan Porsenides ke II Singapadu Tengah merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun Ke-26 Desa Singapadu Tengah yang akan jatuh pada 28 Oktober. Kegiatan Porsenides yang dilaksanakan meliputi berbagai kegiatan diantaranya pertandingan Bola Voli, Tenis Meja, dan Jalan Santai.

Pada bidang seni dilaksankan perlombaan Baris Tunggal, Trai Condong, Lomba Karaoke Lagu Bali, Lomba Merangkai Janur. Kegiatan Donor darah dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan Jalan Santai, Minggu (22/10). (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.