Tersangka Joshua James Baker saat ditangkap di wilayah Banjar Berawa, Kuta Utara.(BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Warga negara asing (WNA) Joshua James Baker (32) yang kabur saat diperiksa di Rumah Sakit Trijata Polda Bali, ditangkap saat makan di Hotel LV8, Berawa, Kuta Utara, Badung, Selasa (10/10) pukul 14.40 Wita.

Setelah lolos dari pengawasan petugas, pelaku menyewa sepeda motor dan sempat bertemu temanya. Dia ditangkap petugas Bea dan Cukai diduga terkait kepemilikan ganja 28,02 gram dan diazpam 37 butir.

Wakil Direktur (Wadir) Resnarkoba Polda Bali, AKBP Sudjarwoko, Rabu (11/10) mengatakan, setelah kabur dari rumah sakit, pria asal Australia ini sempat keliling wilayah Badung Selatan mengendarai motor yang disewaan.

“Joshua diamankan terkait dugaan kepemilikan ganja seberat 28,02 gram. Ganja itu tercampur tembakau dan ditemukan petugas  Bea Cukai di dalam tas yang dibawanya. Dia diamankan di Bandara Ngurah Rai,  Senin lalu (9/10). Saat diamankan dia baru mendarat dari Thailand,” kata  mantan Kapolres Jombang ini.

Terkait kronogis kaburnya turis ini, Sudjarwoko mengatakan, setelah ditangkap petugas Bea Cukai, Joshua dilimpahkan ke Dit. Resnarkoba Polda Bali. Sesuai SOP, pihaknya melakukan observasi kesehatan Joshua dan diperiksa secara medis di Rumah Sakit Trijata. Sat itu, Joshua dikawal dua polisi. Selanjutnya Joshua minta izin ke kamar mandi, sedangkan anggota yang mengawalnya asyik menonton televisi.

“Setelah 20 menit, anggota mulai curiga karena Joshua tidak kunjung keluar. Petugas lalu menggedor dan mendobrak pintu. Setelah pintu terbuka, Joshua tidak ada di dalam kamar mandi tersebut,” ungkapnya.

Baca juga:  Sembilan WNA Digulung Ombak, Satu Tewas

Wadir Resnarkoba mengatakan Joshua sempat singgah di minimarket di depan rumah sakit. Selanjutnya ia meminjam handphone pegawai minimarket untuk memesan gojek online menuju rumah temannya turis asal Inggris di Canggu untuk minjam uang. “Setelah dapat uang, Joshua bergerak ke Nusa Dua menumpang taksi,” ungkapnya.

Agar tidak dicurigai sopir taksi, Joshua turun di depan rumah warga di Nusa Dua. Selanjutnya ia pura-pura membuka pintu agar rumah warga. Setelah taksi pergi, Joshua kembali menelepon taksi. Selanjutnya ia menumpang taksi menuju wilayah Kuta Utara. “Kami langsung menyebarkan foto Joshua di beberapa tempat, diantaranya di toko, kafe dan hotel. Sekitar pukul 14.20 Wita, kami ditelepon karyawan Hotel LV8 bahwa melihat tamu yang mirip dengan foto  yang kami sebar,” kata Sudjarwoko.

Saat di interogasi, Joshua nekat kabur karena stres. Alasannya dia datang ke Bali untuk liburan tapi malah mau di penjara. Hingga saat ini, Joshua masih berada di rumah sakit dijaga tiga polisi.

Seperti diberitakan, pelaku kasus narkoba, Joshua James Baker melarikan diri saat diizinkan ke kamar mandi RS Trijata Polda Bali di Jalan Trijata, Denpasar, Selasa (10/10) pukul 02.00 Wita. Pengejaran langsung dilakukan dan pelaku berhasil ditangkap di hotel di wilayah Banjar Berawa, Kuta Utara, sekitar pukul 14.40 Wita.(kertanegara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.