vulkanik
Gunung Agung. (BP/dok)
AMLAPURA, BALIPOST.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Minggu (1/10) melakukan pemantauan kondisi Gunung Agung dari udara menggunakan helikopter. Pemantauan yang dilakukan guna memastikan kondisi kawah yang ada di puncak gunung saat ini.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG/BG KSDM I Gede Suartika, Minggu (1/10) mengungkapkan dirinya naik memantau Gunung Agung dari udara bersama dengan Kodim 1623/Karangasem. Kata dia, kalau cuaca memungkinkan pihaknya akan berusaha untuk naik sampai ketinggian 2.000 m dpl.

“Ketinggian Gunung Agung kan 3.142 m dpl. Kita palingan bisa pantau sampai dengan ketinggian 2.000 m dpl saja. Karena kita tidak bisa naik lebih dari itu. Minimal bisa ambil foto-foto gunung dari jarak dekat,” ungkap Suartika.

Baca juga:  Alfamart Serahkan Bantuan ke Pengungsi Gunung Agung

Kepala Pos Pemantauan Gunung Agung  Dewa Mertayasa mengatakan PVMBG naik dari Amankila Hotel di Manggis. Menurutnya, pemantauan dari udara yang dilakukan ini untuk melihat kondisi terkini kawah di Gunung Agung.

Termasuk untuk melihat titik asap yang ada di kawah akibat rekahan-rekahan yang terjadi di kawah. “Semoga  saja pesawat berani naik sampai di atas kawah gunung. Sehingga bisa memantau kondisi di dalam kawah,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.