AMLAPURA, BALIPOST.com – Kawasan Desa Kubu masuk dalam zona Kawasan Rawan Bencana (KRB) 1. Pada Minggu (24/9) masih terlihat beberapa warga di desa itu yang beraktivitas.

Bahkan masih banyak warga yang memindahkan barang-barang menuju lokasi aman. Menurut Kapolsek Kubu, Made Suadnyana. S.Sos., mereka yang beraktivitas itu sebenarnya sudah mengungsi.

Namun pada pagi hari, mereka kembali untuk memberi makan ternak yang masih ditinggalkan di rumah mereka. “Pagi mereka kembali ke rumahnya, malam mereka balik lagi ke pengungsian,” ujarnya.

Ia mengutarakan aktivitas warga pada pagi hari tak hanya di KRB 1. Di lokasi KRB 3 seperti Desa Muntig dan Batudawa Kaja, juga masih ada warga. “Itu di Muntig dan Batudawa masih ada sebanyak 22 orang, tapi kami sudah upayakan evakuasi,” katanya saat ditemui di Mapolsek Kubu, Karangsem.

Baca juga:  Hilangkan Jenuh Seminggu di Pengungsian, Bondres Hibur Warga

Diungkapkannya, untuk melakukan pengamanan dan penyisiran ke rumah-rumah warga, saat ini pihaknya menyiapkan sebanyak 51 personel. Selain itu juga ditambah BKO dari Polres karangasem sebanyak  30 personil.

“Kami terus melakukan patroli dan penyisiran di rumah-rumah warga. Selain melakukan pengamanan untuk antisipasi barang yang ditinggalakan, juga untuk mengecek keberadaan penduduk yang masih tersisa,” ujarnya.

Ia juga mengatakan personil Polsek Kubu menyetop setiap kendaraan yang membawa barang maupun ternak. Hal ini dilakukan, untuk melakukan pendataan apakah benar barang yang dibawa miliknya atau barang titipan. Selain itu juga mengantisipasi pencurian dan terjadinya kehilangan barang milik warga. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.