DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan pelajar SMP dan SMA se-Bali berkumpul di GOR Ngurah Rai di Jalan Melati, Denpasar, Rabu (30/9). Mereka adu kecakapan dan keahlian untuk memenangkan lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang digelar Dit. Lantas Polda Bali. Kegiatan tersebut dibuka Direktur Lantas Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana.

Digelarnya lomba tersebut, kata Direktur Lantas Kombes Sudana, didampingi Kasubdit Dikyasa AKBP Nyoman Sukasena dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-62, mengusung tema “Indonesia aman, selamat, tertib dan lancar, melalui modernisasi Polantas sebagai implementasi tahun keselamatan untuk kemanusian.” “Masing-masing polres mengirim dua regu, satu regu pelajar SMP dan satu regu pelajar SMA. Total yang ikut lomba ada 18 regu,” tegas AKBP Sukasena.

Tujuan dari dibentuknya PKS tersebut untuk melatih siswa menjadi anggota polisi sekolah. Di organisasi tersebut, mereka dilatih baris berbaris, kedisplinan kekompakan dan kebersamaan, gerakan-gerakan lalulintas.

Baca juga:  Maju Pilpres, Prabowo Pilih Sandiaga

Gerakan-gerakan tersebut biasanya dilakukan anggota PKS di depan sekolah. Selain itu mereka juga berkewajiban menjaga, melindungi dan mengamankan sekolahnya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya PKS ini. Mereka ikut andil dalam mengatur lalulintas dan menyeberangkan rekan-rekannya saat jam masuk dan keluar sekolah,” ujar Kombes Sudana.

Terkait yang dinilai dalam lomba tersebut diantaranya kerapian kostum, keserasian dan keindahan, gerakan pengaturan serta ketepatan waktu. “Tahap pertama PKS tingkat SMA yang lomba, setelah itu baru pelajar SMP. Gerakan mereka sangat bagus dan kompak,” kata Sukasena.

Ia berharap dengan adanya lomba ini anggota PKS lebih semangat dan bangga. Selain itu, diharapkan pelajar lain termotivasi jadi anggota PKS sehingga semakin menumbuhkan kesadaran tertib berlalulintas. “Mudah-mudahan dengan lomba ini pelanggaran lalulintas dilakukan pelajar bisa ditekan. Anggota PKS juga kami harapkan menyosialisasikannya ke rekan-rekannya,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.