Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang disebabkan oleh jamur. Saat mengalami ketombe, kulit kepala bisa terasa gatal dan kemerahan. Bahkan, ketombe dapat menyebabkan rambut rontok.

Selain disebabkan oleh jamur di kepala, beberapa makanan juga dapat memicu munculnya ketombe di kepala. Untuk mencegah timbulnya ketombe, Anda perlu menghindari beberapa makanan berikut ini, dikutip dari klikdokter.com :

1. Makanan pedas

Berkeringat secara berlebihan di kulit kepala adalah salah satu penyebab ketombe. Dengan berkeringat, hal ini akan meningkatkan kerentanan lapisan luar sel kulit di kepala. Makanan pedas diketahui menyebabkan keringat karena cenderung menaikan suhu tubuh.

2. Makanan berlemak

Selain dapat menambah berat badan, kelebihan lemak juga dapat memicu munculnya ketombe. Makanan berlemak dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi sejumlah sebum. Dengan kadar sebum yang berlebihan, hal ini akan memicu munculnya jamur Pityrosporum Ovale di kulit kepala.

Baca juga:  Ini, 4 Makanan Aman untuk Penderita Maag

3. Gula berlebih

Pada beberapa orang, kadar gula darah yang meningkat bisa membuat ketombe menjadi lebih buruk. Gula menyerap vitamin B yang merupakan komponen kunci dari diet antiketombe. Asupan gula yang tinggi juga berdampak pada kadar vitamin C dan E dalam tubuh.

4. Produk olahan susu

Hindarilah produk-produk susu dan turunannya seperti es krim dan keju. Makanan seperti ini mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala dan memicu ketombe.

Jika ketombe disebabkan oleh jamur, Anda dapat memakai produk sampo antijamur yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide, dan ketoconazole. Namun bila ketombe tak kunjung hilang, dan semakin membuat rambut rontok, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan solusi terbaik. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.