Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan pembinaan kepada guru SD di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Sabtu (9/9). (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk membangun dunia pendidikan dengan mewujudkan generasi muda yang cerdas dan berkualitas tak hanya berhenti pada pembinaan kepada Guru TK dan Paud. Namun juga dilanjutkan pada guru SD di Kecamatan Klungkung, Dawan dan Banjarangkan. Hal tersebut berlangsung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Sabtu (9/9).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pembinaan ini tak hanya sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Lebih dari itu juga untuk melahirkan generasi yang cerdas dan berkarakter melalui penanaman nilai-nilai luhur yang menjadi bagian dari tatanan bangsa. “Pentingnya pendidikan karakter harus selalu ditanamkan dan ditingkatkan kepada seluruh murid-murid di sekolah,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, Dewa Gde Darmawan kepada seluruh guru.

Bupati asal Nusa Ceningan ini juga juga menjelaskan makna lagu “Gema Santi” kepada seluruh peserta. Lagu yang menjadi kebanggaan bumi serombotan ini berisi ajakan kedamaian dan cinta serta untuk bersama-sama membangun Kabupaten Klungkung. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, sehingga anak-anak bisa memiliki sikap dan karakter yang baik, kreatif dan cerdas.  “Makna dari Lagu Gema Santi harus selalu di tanamkan di masing-masing sekolah,” harapnya.

Pada kesempatan itu, seluruh guru juga diminta dan harus bisa memberikan motivasi dan memompa semangat anak-anak agar semakin rajin untuk ke sekolah. Selain sisi SDM, peningkatkan kualitas pendidikan di desa-desa juga menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Klungkung. Salah satu langkah strategisnya dengan pengadaan 1 TK negeri di setiap desa.  Hal ini tengah dikaji. Jika program dapat trealisasi di 2018 diharapkan kedepan tidak ada lagi anak-anak di desa yang tidak masuk TK. “Kajiannya sedang berlangsung di tahun 2017 ini, semoga bisa trealisasi dengan baik di tahun 2018 mendatang,” ujar Bupati Suwirta optimis.

Baca juga:  RSUD Klungkung Terima Surviyor KARS Pusat Verifikasi Tahun II Akreditasi RS

Selain itu, Bupati juga meminta agar di masing-masing sekolah selalu menjaga peraturan tentang merokok. Kepada Kepala Sekolah maupun masing-masing guru pengajar agar bisa membuat sistem dan inovasi yang kuat di sekolah. “Sistem yang kuat akan memudahkan kita untuk menjalankan tugas dan tupoksi masing-masing dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyampaikan  pembinaan guru merupakan salah satu fungsi dari manajemen SDM pendidikan. “Kepada semua sekolah dari tingkat Kelompok Bermain, PAUD, TK, SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Klungkung supaya melaksanakan program Pemerintah Kabupaten Klungkung “Gema Santi” bagaimana nantinya sekolah bisa melaksanakan gagasan ini dengan santun dan inovatif, sehingga sekolah dapat bangkit dan maju di segala bidang,” tandasnya. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.