Para guru Agama Hindu di Tabanan memperoleh materi bela negara. (BP/bit)
TABANAN, BALIPOST.com – Dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan bagi Guru Agama Hindu tingkat SMA/K 2017. Sebanyak 33 orang guru Agama Hindu se-Tabanan menerima pembekalan materi bela negara dari Dandim 1619/Tabanan, Letnan Kolonel Inf. Herwin Gunawan, Kamis (7/9).

Dengan adanya pembekalan materi bela negara ke para guru diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai bela negara kepada para anak didik di sekolah masing-masing. Karena kesadaran bela negara bukanlah bawaan sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkembangkan melalui pembinaan Kesadaran Bela Negara.

Pembinaan kesadaran bela negara ini diharapkan dapat membangun karakter bangsa Indonesia yang cinta Tanah air, rela berkorban demi negara dan bangsa yaitu Pancasila sebagai ideologi negara. Selain itu, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara serta memiliki kemampuan awal bela negara, baik secara psikis maupun secara fisik.

Baca juga:  Memeratakan Kesejahteraan Penduduk NKRI

Disebutkan pembinaan Kesadaran bela negara perlu dilakukan pada lingkungan pendidikan, permukiman dan lingkungan pekerjaan. “Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut, perlu dilakukan pembinaan kesadaran Bela Negara secara simultan dan berlanjut,” katanya.

Sedangkan Hakekat pembinaan kesadaran bela negara adalah upaya untuk membangun karakter Bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme. Serta memiliki ketahanan nasional yang tangguh guna menjamin tetap tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.