Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Banyak penelitian mengungkapkan, bahwa konsumsi kopi pada dosis yang tepat tidak membahayakan kesehatan. Kopi justru dapat mencegah penyakit jantung, meredakan stres dan membuat tubuh lebih bugar.

Namun, ini tidak berlaku untuk konsumsi kopi instan. Sebab, bahaya dalam kopi instan justru dapat merusak tubuh Anda.

Dikutip dari klikdokter.com, beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi instan memiliki dampak yang berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah bahaya yang mengancam kesehatan :

1. Meningkatkan risiko hipertensi

Konsumsi kopi instan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Sebab, kandungan krimer nabati dalam segelas kopi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, sehingga membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Memicu kanker

Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi instan dapat menyebabkan penyakit kanker, ada satu kandungan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati.

Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dan dicampur dengan bahan kimia tertentu, dapat memicu timbulnya kanker.

Baca juga:  Teror terhadap KPK dan Penegakan Hukum

3. Meningkatkan risiko diabetes

Penyakit ini tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi instan. Memang kopi instan memiliki kafein yang Anda butuhkan, namun kopi yang terkandung di dalamnya hanyalah perasa kopi, bukan biji kopi asli.

Kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Jika terpaksa mengonsumsi kopi instan, sebaiknya diimbangi dengan konsumsi air putih lebih banyak.

4. Meningkatkan kolesterol jahat

Efek samping dari minum kopi instan setiap hari salah satunya adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan oleh krimer yang terkandung di dalam kopi instan.

Kandungan krimer membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.

5. Memicu penyakit jantung

Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.