Suasana di Tamanbali Raja. (BP/nan)
BANGLI, BALIPOST.com – Tamanbali Raja yang berada di Desa Tamanbali, Bangli sejak lama telah ditetapkan sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW). Hanya saja, sejauh ini tempat yang berisi kolam menyerupai danau itu terbangkalai dan tak terurus.

Pantauan di lokasi, Senin (28/8), Tamanbali Raja yang merupakan peninggalan Raja Tamanbali, kini malah terkesan kumuh. Di tepi kolam bagian utara terutama dekat Pura Masceti, terdapat tumpukan sampah bekas upacara yang dibuang begitu saja.

Selain itu, pinggir kolam juga ditumbuhi semak-semak. Sementara bale bengong yang sempat dibangun di era Gubernur Bali Dewa Made Berata rusak berat. Hanya tersisa tiang pancang saja.

Perbekel Desa Tamanbali, I Dewa Gede Ngurah Oka mengungkapkan tempat tersebut memang sudah lama tidak terurus. Kata dia, selama ini Tamanbali Raja yang masuk 3 DTW di Desa Tamanbali memang belum tersentuh penataan. “Kita masih melakukan kajian seperti apa bentuk penataannya. Mengingat di areal tersebut tergolong cukup angker,” ungkap Ngurah Oka.

Baca juga:  Mobil Puskesmas Keliling Milik Dinas Kesehatan Terbengkalai

Ngurah Oka berharap Pemkab Bangli ikut membantu melakukan penataan objek wisata itu. sebab, untuk melakukan penataan membutuhkan dana cukup besar. “Kita harap Pemkab bisa ikut membantu kita untuk penataannya agar bisa kembali dimanfaatkan dengan maksimal,” jelasnya.

Dia mengungaokan, sejatinya Tamanbali Raja cukup diminati oleh pengunjung sebagai tempat selfie dan tracking. Bahkan yang datang tidak saja masyarakat lokal namun juga dari luar Desa Tamanbali. “Kalau tempat itu kembali ditata, maka objek ini nantinya akan makin digandrungi oleh pengunjung,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.