Verifikasi
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyambut kedatangan tim verifikasi pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tingkat Nasional di Banjar Adat Pagutan, Desa Pakraman, Banjarangkan, Senin (7/8).(BP/ist)

 

BUPATI Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta didampingi Wakil Ketua TP PKK provinsi Bali Ny. Dayu Sudikerta beserta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Ida Ayu Made Gayatri Menyambut kedatangan tim verifikasi pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tingkat Nasional di Banjar Adat Pagutan, Desa Pakraman, Banjarangkan, Senin (7/8).

Ketua TP PKK Desa Banjarangkan, Lyly Eviantari menyampaikan sampa saat ini, di desanya sudah terbentuk kelompok UP2K PKK terdiri dari 1 kelompok khusus dan 12 kelompok pelaksana yang tersebar di lima dusun yakni 4 kelompok pelaksana dengan 20 anggota yang bertempat di Dusun Nesa, 4 kelompok pelaksana berjumlah 20 anggota bertempat di Dusun Selat, Dusun Pagutan 1 kelompok pelaksana dengan 5 anggota, dan Dusun Koripan Tengah dengan 5 anggota, serta di Dusun Koripan Kangin dengan 2 kelompok pelaksana dengan 10 anggota.

Produk yang dihasilkan cukup variatif, yakni usaha kerajinan batok kelapa yang menjadi unggulan, ayam panggang, jajan kering jajan basah, penek, canang,jamu dan ayam potong.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengungkapkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemkab sudah melakukan berbagai macam kegiatan, diantaranya membina calon-calon pengusaha menjadi pengusaha baru, hingga memperkuat wirausaha yang sudah ada. Selan itu juga terus memaksimalkan Program PKK tentang Pengembangan kehidupan Berkoperasi yang bersibergi dengan pemkab. “PKK di desa diharapkan dapat bersinergi dan melakukan komunikasi yang baik dengan instansi terkait” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Kecewa Kebersihan Lapangan Puputan Klungkung Kurang Diperhatikan

Ketua TP PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Pokja 2 TP PKK Pusat Sri Adriyani Pramono Anung  mengharapkan lomba ini tidak hanya sebagai kegiatan sesaat, namun lebih kepada pembinaan yang berkelanjutan yang dilakukan secara berjenjang. Selain itu, masyarakat diminta tidak segan-segan belajar dari pengalaman para pelaku pembangunan maupun para penyelenggara pemerintah desa. Dari pengalaman itu, pemberdayaan masyarakat bisa terwujud. “Warga dan masyarakat harus dilibatkan sebagai pelaku, sebagai subjek pembangunan, mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjutnya.

Dalam Kegiatan tersebut diisi persembahan berupa yell TP PKK Kabupaten Klungkung yang dipersembahkan TP PKK Desa Banjarangkan, serta memperlihatkan produk kerajinan masyarkat Kecamatan Banjarangkan dari bahan dasar batok kelapa, penek, serta jamu. (Adv/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.