Dieng Culture Festival. (BP/ist)
DIENG, BALIPOST.com – Gelaran Dieng Culture Festival (DFC) 2017 segera hadir. Mujahadah, doa bersama untuk kelancaran event budaya di Negeri Atas Awan ini pun telah dilakukan, sehari jelang acara. Acara DCF berlangsung 4-6 Agustus 2017. Berbagai agenda istimewa telah disiapkan panitia. Salah satunya adalah penerbangan lampion.

Tak tanggung-tanggung, Panitia Dieng Culture Festival 2017 menyiapkan sebanyak 4.000 lampion. Lampion ini akan diterbangkan oleh para pengunjung dilangit Dieng, Sabtu (5/8). Panitia memang menyediakan lampion. Namun bagi pengunjung yang membawa sendiri juga dipersilakan.

Amankah penerbangan lampion ini? Pihak Panitia DCF sudah memastikan lampion ini aman. Ini karena panitia telah berkomunikasi dengan PT Angkasa Pura terkait dampak penerbangan lampion ini.

“Berdasarkan komunikasi dengan pihak PT Angkasa Pura, lampion tidak membahayakan seperti balon udara,” tegas Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Fauzi.

Karena itulah ia me­nambahkan, agenda festival lampion saat DCF 2017 masih tetap dilakukan. “Kami sudah menyiapkan. Tapi kalau ada yang bawa sendiri silakan,” kata dia.

Baca juga:  Soal Wacana Pungutan 10 Dolar ke Wisman, Ini Kata Menpar

Pemilik Acacia Homestay ini lantas merinci, lampion hanya terbang hingga ke­tinggian 100 sampai 200 meter. Hal ini berbeda dengan balon udara yang bisa membahayakan penerbangan pesawat.

Hal serupa juga dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto. Menurutnya, penerbangan lampion tidak membahayakan. Sehingga pesta lampion yang dijadwalkan pada 5 Agustus 2017 pukul20.30-21.30 WIB tetap jalan.

Penerbangan lampion di kegelapan malam Dieng hanya salah satu kehebohan agenda DCF. Banyak agenda heboh lainnya. Dieng Culture Festival 2017 dengan tema The Spirit of Culture berisikan sejumlah acara. Di antaranya Sendratari Rambut Gembel, Jazz Atas Awan, Festival Caping Gunung, Ritual Cukur Rambut Gembel, Akustik Atas Awan, Kirab Budaya, Parade Kesenian, dan Ekspo UKM serta Purwaceng.

Akan banyak hiburan saat DCF 2017 berlangsung, selain atraksi seni budaya akan tampil juga Jazz Atas Awan. “Sukses buat DCF 2017!” ucap Menpar Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.