Sejumlah ojek wisatawan menunggu pengguna jasanya di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (29/7). (BP/ant)
BANYUWANGI, BALIPOST.com – Kebakaran lereng Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, makin meluas. Kobaran api yang sebelumnya di lereng Timur laut, mulai merembet ke arah barat. Sulitnya medan ke lokasi, membuat tim gabungan belum bisa menyentuh lokasi kebakaran.

Meski begitu, jalur pendakian ke kawasan wisata Kawah Ijen masih aman. Kepala Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jatim Wilayah V Banyuwangi Sumpena menegaskan hujan yang sempat mengguyur wilayah Banyuwangi menyulitkan tim gabungan TNI/Polri, BPBD dan masyarakat menjangkau lokasi titip api. “Tim sempat terjebak hujan. Sehingga, belum tiba di lokasi kebakaran,” kata Sumpena, Rabu (2/8).

Dijelaskan, kobaran api mulai bergerak dari lokasi awal. Sehingga, dikhawatirkan akan terus meluas. “Karena itu, tim terus bergerak ke lokasi. Targetnya, titik api bisa segera dilokalisir,” ujarnya.

Baca juga:  Pasar Outbound Tourism Peluang Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Pihaknya belum bisa merinci berapa luas lahan yang sudah terbakar. Namun, Sumpena memastikan lokasinya jauh dari jalur pendakian wisatawan ke Kawah Ijen. “Yang terbakar di arah barat, sedangkan jalur pendakian di Barat daya,” imbuhnya.

Meski begitu, kewaspadaan pergerakan api terus dilakukan. Dari pantauan di lapangan, kata Sumpena, bagian lereng yan terbakar berada di posisi ujung. Ditambahkan, cuaca hujan ikut menyulitkan tim bergerak ke lokasi. (Budi Wiriyanto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.