Kualitas
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka acara Orlat TPK3PKK Klungkung, Kamis (20/7). (BP/ist)
TIM Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Klungkung menggelar Orientasi dan Latihan (Orlat) Tim Penggerak dan Ketua-ketua Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPK3PKK) 2017, Kamis (20/7). Acara berlangsung di Ruang Rapat Praja Mandala, dibuka langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Bupati asal Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida ini mengatakan selama ini, TP-PKK Klungkung telah mampu menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan keluarga. Selain itu sejumlah prestasi juga sudah berhasil ditorehkan. Meski demikian, peningkatan kualitas harus tetap dilakukan, salah satunya melalui kegiatan orientasi dam pelatihan ini.

“Kualitas harus terus ditingkatkan tanpa melupakan tujuan utama sebagai penggerak untuk memberdayakan dan mensejahtetakan keluarga. Selain itu, harus bisa menjadi motivator masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Suwirta juga meminta melalui kegiatan ini, kedepannya TP-PKK ini bisa mensosialisasikan sistem informasi manajemen PKK kepada masyarakat. Hal ini penting untuk menumbuhkan semangat yang sama dalam membangun keluarga. “Program yang dirancang harus disosialisasikan,” ungkapnya.

Baca juga:  Mahasabha PGSDT VI 2018, Momentum Mempererat Hubungan Serta Meningkatkan SDM dan Ekonomi Pasemetonan

Ketua panitia kegiatan Ny. Sri Kasta mengatakan, Orlat ini sebagai bentuk implementasi  pelaksanaan program kerja ketujuh dari 10 program pokok PKK, yakni pendidikan dan keterampilan. Itu akan berlangsung 2 hari yang diikuti 200 peserta. Materi yang diberikan berupa pengetahuan sistem informasi manajemen PKK, administrasi PKK dan Dasa wisma.

Selain itu, peserta orlat juga akan diberikan pengetahuan cara pengisian papan data umum dan kegiatan pokja PKK serta peningkatan pengetahuan bagi kader Khusus PHBS, LBS, BKB, Pola Asuh, Posyandu, Pangan ,Sandang, Pemberdayaan Keluarga Sadar Hukum dan Pencegahan KDRT. “Tujuan dari pelaksanaan Orlat selain untuk meningkatkan pengetahuan juga untuk meningkatkan jenis dan mutu kader di desa-desa binaan,” terangnya.

Turut hadir dalam dalam acara tersebut Wakil DPRD Kabupaten Klungkung, I Nengah Ariyanta, Ketua TP. PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, OPD terkait serta Desa binaan se-Kabupaten Klungkung. (adv/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.