online
Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, Dewa Gde Darmawan. (BP/dwa)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Dinas Pendidikan Pemkab Klungkung memastikan akan menggunakan sistem online dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk SMP tahun 2017. PPDB online ini dilaksanakan sebagai transparansi penerimaan siswa baru di tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, Dewa Gde Darmawan menjelaskan pihaknya telah menerima petunjuk teknis untuk penerapan PPDB online di Pemkab Klungkung. Pihaknya menjelaskan, PPDB Online ini dapat menjamin keterbukaan informasi terkait penerimaan di tingkat SMP. “Kita akan laksanakan di beberapa sekolah yang layak dilaksanakan PPDB online baik di tingkat sekolah dasar maupun SMP,” jelasnya belum lama ini.

Saat ini Dinas Pendidikan telah membuat petunjuk teknis dalam penerapan PPDB online ini. Sebelum diterapkan, menurut pria asal Manduang tersebut Dinas Kesehatan akan melaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Mengingat petunjuk teknis yang akan digunakan akan diterjemahkan dengan aplikasi yang dapat digunakan secara online.

Baca juga:  Gagas Buku Panduan Bahasa Bali Untuk SD

Pada PPDB ini nantinya akan diberlakukan pemerataan jumlah siswa di seluruh sekolah. Dengan cara ini, para siswa khususnya siswa SD dapat sekolah di tempat yang ada di sekitarnya sehingga tidak terjadi pembludakan jumlah siswa di sekolab tertentu. “Selama ini terjadi penumpukan di sekolah tertentu daan terjadi kekurangan siswa di sekolah lainnya,” tuturnya.

Pemerataan siswa didik di seluruh sekolah ini akan diikuti dengan pemerataan kualitas pendidikan. Baik sarana prasarana dan juga guru akan dilakukan pemerataan kuantitas mau pun kualitasnya. Mengingat potensi akademik dan non akademik yang dimiliki anak didik tidak hanya ada di kota saja, namun juha di desa-desa. ” Ini yang akan kita gali, potensi yang dimiliki setiap siswa dengan kualitas pendidikan yang merata,” pungkas mantan Kepala  SMPN 1 Semarapura tahun 2010-2014 tersebut. (dewa farendra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.