BANGLI, BALIPOST.com – Naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK didistribusikan Dinas Pendidikan Provinsi Bali ke Kabupaten Bangli, Jumat (7/4). Sebelum dititipkan di masing-masing MKKS, seluruh naskah soal UN yang tiba di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli dicek kelengkapannya.

Kepala Disdikpora Kabupaten Bangli Nyoman Suteja menjelaskan bahwa dari seluruh naskah soal yang diterimanya, ada kesalahan pengiriman naskah soal sebanyak satu sampul. Naskah soal yang semestinya dikirim mata pelajaran Bahasa Indonesia, justru yang dikirim adalah naskah soal mata pelajaran Kimia.

Terkait adanya kesalahan pengiriman tersebut, Suteja mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi. “Kami akan lakukan koordinasi dengan provinsi. Naskah tersebut pasti nanti diganti.” jelasnya.

Baca juga:  Sidak Komisi A, Hanya Satu SMA Negeri Terapkan UNBK
Lanjut dikatakan Suteja, setelah melakukan pengecekan, seluruh naskah soal UN tersebut dititipkan ke masing-masing MKKS. Dikatakan Suteja sebagaimana ketentuan, naskah soal UN yang di tahun sebelumnya dititipkan di kantor Polsek terdekat, saat ini boleh dititipkan di rayon atau MKKS.

Untuk naskah soal UN SMA, dititipkan ke SMAN 1 Bangli, sementara naskah soal UN SMK dititipkan ke SMKN 2 Bangli. “Saya sudah meminta jajaran terutama Ketua MKKS untuk melakukan pengawasan, pengamanan dan menjaga kerahasiaan naskah,” ujarnya.

Sebagaimana yang dijadwalkan, ujian nasional untuk tingkat SMA/SMK berlangsung selama empat hari yakni mulai Senin (10/4) hingga Kamis (13/4). Pada tahun ini, UN diikuti 6 SMA dan 14 SMK.

Dari seluruh sekolah yang menyelenggarakan UN, 9 SMA/SMK diantaranya menyelenggarakan UNBK sementara 11 lainnya menyelenggarakan UNKP. Adapun total jumlah siswa yang menjadi peserta UN yakni sebanyak 2331 orang.

Suteja menambahkan, UNBK dijadwalkan berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 14.00 wita, sementara UNKP dilaksanakan mulai pukul 11.00 wita hingga selesai. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.