perikanan
Perahu nelayan. (BP/dok)
NEGARA, BALIPOST.com – Sejak sepekan terakhir, para nelayan di Jembrana mulai bernafas lega. Mereka meyakini masa paceklik ikan akan segera berakhir. Saat ini mulai ada hasil tangkapan saat melaut.

Kendatipun belum banyak dan hanya ikan tertentu, namun mereka meyakini hasil tangkapan ini sangat berarti. Aktivitas di sekitar tempat penimbangan ikan baik di Pengambengan maupun di Perancak mulai nampak. Seperti yang terlihat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kamis (30/3). Sejumlah nelayan mulai datang dari laut.

Sejumlah nelayan yang ditemui mengungkapkan tangkapan ikan masih kecil-kecil dan jenis ikan Tongkol. Walaupun tidak seberapa tetapi sudah menunjukkan hasil. “Lumayan hasilnya, walaupun hanya sedikit tapi harganya tinggi karena paceklik,” tandas Madek, nelayan di Pengambengan.

Baca juga:  Nelayan Perahu Selerek di Jembrana Sudah 8 Bulan Paceklik Ikan
Mereka berharap dengan mulai munculnya ikan di perairan Bali ini akan berlangsung lama. “Kalau ikan Lemuru belum ada, khawatirnya ini (tangkapan ikan, red) akan berlangsung sebentar,” tambah Ahmadi, nelayan lain.

Kepala Desa Pengambengan, Samsul Anam dikonfirmasi membenarkan sudah mulai ada tangkapan ikan mulai akhir Maret ini. Dibandingkan Sembilan bulan belakangan saat paceklik ikan, hasil tangkapan sudah mulai ada peningkatan antara 3 sampai 5 ton sekali berlayar. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.