Budi Karya Sumadi. (BP/dok)
JAKARTA, BALIPOST.com – Menhub Budi Karya Sumadi mendorong PT Angkasa Pura II untuk segera mengoperasikan terminal internasional di Terminal 3 Ultimate (T3U) Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. “Rencana kira-kira 15 April 2017, kita kemungkinan bisa memberikan rekomendasi setelah 15 hari sejak kita lakukan verifikasi,” kata Menhub Budi usai meninjau lokasi terminal internasional di T3U Bandara Soetta Tangerang, Selasa (28/3).

Tahap awal, kata Menhub, Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama yang akan memulai penerbangan rute internasionalnya dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Berbagai persiapan telah dilakukan PT Garuda Indonesia bersama PT Angkasa Pura II, Bea Cukai, Imigrasi maupun Karantina dan seluruh pihak yang terlibat.

“Banyak hal yang dipersiapkan, kita akan melakukan simulasi beberapa kegiatan, mulai dari check-in sampai penumpang itu tiba di pesawat, barang bawaan penumpang juga kita simulasikan, kita juga lakukan pengecekan beberapa pekerjaan yang harus dilakukan,” ujarnya.

Baca juga:  Bandara Maratua Rencananya Diresmikan Presiden Jokowi
Menhub berharap Garuda Indonesia sudah bisa melayani semua rute internasionalnya dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada 1 Mei 2017. “Kira-kira 1 Mei 2017 semua rute internasional Garuda Indonesia sudah bisa pindah ke terminal 3,” ucap Menhub.

Menhub menegaskan pembangunan fisik terminal internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mendekati 90 persen.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menjelaskan kelengkapan terhadap terminal internasional yang utama adalah terkait dengan bea cukai, imigrasi, dan karantina. Untuk itu ini harus dipersiapkan sebelum terminal internasional ini dioperasikan.

Selain itu kata Agus persiapan teknis lain terkait sisi udara juga wajib dilakukan, “parking stand harus disesuaikan, di mana letak pengisian bahan bakar pesawat dan sebagainya harus sesuai dengan ukuran pesawat, karena yang mendarat di terminal ini adalah pesawat wide body aircraft bisa Boeing 777, Airbus 330, dan juga Boeing 747,” tegasnya.

Lebih lanjut Agus memperkirakan pada Agustus 2017 seluruh maskapai rute internasional sudah bisa beroperasi dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.