MANGUPURA, BALIPOST.com – Kuta harus aman dari segala bentuk ancaman, terutama dari aksi teroris. Apalagi terkait serangkaian Nyepi, banyak wisatawan akan datang, terutama saat malam Pangerupukan.

Oleh karena itu selain melibatkan pecalang, Polsek Kuta juga bersinergi dengan Koramil Kuta yang akan mengerahkan pasukan bersenjata laras panjang. “Kuta harus kita jaga bersama-sama, termasuk masyarakat Kuta khususnya. Harus tetap waspada dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mari jaga citra Kuta sebagai destinasi dunia,” tegas Kapolsek Kuta Kompol Wayan Sumara, usai memimpin gelar pasukan dalam rangka pengamanan perayaan hari raya Nyepi Tahun Caka 1939 di Central Parkir, Kuta, Jumat (24/3).

Gelar pasukan tersebut melibatkan anggota Polsek Kuta, Koramil Kuta, Dishub Badung, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, pamswakarsa, Linmas dan pecalang. Pada kesempatan tersebut, Kapolsek membacakan maklumat yang dikeluarkan Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose yaitu poin pertama, kepada masyarakat menjaga dan memelihara kamtibmas yang kondusif di lingkungannya masing-masing dengan saling menghormati serta menghargai antarumat beragama.

Baca juga:  Antisipasi Keributan Pengerupukan, Ini Imbauan Wakapolda Bali
Poin kedua, agar masyarakat dapat mengendalikan diri, khususnya pada saat pelaksanaan Pangerupukan dan pengarakan ogoh-ogoh sehingga tidak terjadi bentrokan antarwarga dan umat beragama. Sedangkan isi poin ketiga, bersama-sama saling menjaga kerukunan, keharmonisan dan mulat sarira serta tida mengkonsumsi minuman keras dan berjudi.

Sedangkan untuk menekan peredaran miras di wilayah Kuta, menurut Sumara, pihaknya menggelar operasi miras dan mengamankan puluhan botol arak. Miras tersebut diamankan di warung milik Ni Ketut Merta Karmini (45) di Jalan Majapahit, Warung Susan milik Ni Made Supani (25)  di Jalan Nakula dan di warung milik Ni Luh Budiasih (45) di Jalan Bisma, Legian. “Total miras yang kami amankan 29 botol. Ini baru tahap awal, selanjutnya akan gencar kami lakukan. Kami mengimbau kepada masyarakat agar jangan menjual dan minum miras terutama perayaan Nyepi ini,” kata mantan Kapolsek Ubud, Gianyar ini.

Dandim 1611/Badung Letkol CZI M. Leo Pola Ardiansa mengatakan pihaknya siap membantu Polsek Kuta mengamankan Nyepi, begitu juga di tempat lainnya. Untuk Kuta, kata Leo, 45 prajurit Koramil Kuta akan dikerahkan lengkap dengan senjata laras panjang dan pendek. “Koramil Kuta saya perintahkan all out mengamankan Kuta bersinergi dengan polsek dan desa adat. Mari jaga keamanan Kuta terutama selama perayaan hari raya Nyepi,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.