Matinya LPJ
Ilustrasi LPJU. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1939 yang jatuh pada 28 Maret mendatang dipersiapkan Pemkot Denpasar. Dalam menjaga kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan telah menyiagakan petugas kebersihan usai pelaksanaan pengerupukan yang berkaitan dengan parade ogoh-ogoh.

Persiapan petugas khusus juga dilakukan Dinas Perhubungan Kota Denpasar dalam memadamkan dan menormalisasikan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang berada di seluruh ruas jalan-jalan umum di Kota Denpasar. “Kami akan melakukan pemadaman dan menormalisasikan LPJU selama pelaksanaan Nyepi,” ujar Kepala Dinas Perhubungan I Gede Astika, Kamis (23/3) di Denpasar.

Lebih lanjut dikatakan langkah ini dilakukan untuk memberikan penghormatan pelaksanaan Nyepi yang berkaitan dengan Catur Brata Penyepian yakni, Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan dan Amati Lelanguan yang semuanya bermakna hening. Menurut Astika di Kota Denpasar terdapat 678 buah panel LPJU yang tersebar diseluruh ruas jalan di Kota Denpasar dengan jumlah titik lampu sebanyak 17.666 titik.

Baca juga:  Warga di Bangli Keluhkan Padamnya LPJ di Sejumlah Ruas Jalan
Pelaksanaan pemadaman panel akan dilakukan pada 27 Maret tepat pada pukul 23.00 Wita hingga selesai, serta normalisasi panel LPJU akan dilakukan pada 29 Maret mendatang pada pukul 16.00 Wita.

Pihaknya telah menyiapkan petugas untuk memadamkan dan menormalkan kembali panel lampu sebanyak 64 orang petugas dengan pembagian tugas masing-masing melakukan pemantauan sebanyak 12 buah panel. “Petugas telah kami siapkan yang nantinya dapat melakukan pembagian tugas pemadaman dan normalisasi panel,” ujarnya.

Di samping menyiakan petugas normalisasi panel, pihaknya juga menyiapkan delapan orang petugas khusus masing-masing kecamatan yang bersiaga pada saat Nyepi. Setiap kecamatan menempatkan dua orang petugas, sehingga masyarakat yang menemukan LPJU yang masih menyala pada saat Nyepi dapat menghubungi petugas khusus kami. “Kami harapkan kepada masyarakat dapat menghubungi nomor telepon petugas khusus disetiap kecamatan jika menemukan LPJU yang masih menyala,” ujarnya. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.