Ciri Anak Sehat
Anak-anak bermain di Lapangan Lumintang, Denpasar. (BP/wan)
DENPASAR, BALIPOST.com – Anak sehat merupakan impian setiap orangtua. Tidak ada yang lebih membahagiakan orangtua ketimbang melihat anak tumbuh sehat. Sehat ini tidak hanya sebatas sehat fisik, tetapi juga sehat mental.

Dikutip dari klikdokter.com, Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada 1993 menetapkan sembilan ciri anak sehat, yakni :

1. Anak tumbuh dengan baik
Anak yang sehat adalah anak yang dapat tumbuh dengan baik. Artinya, anak tumbuh dengan berat badan dan tinggi badan sesuai dengan usianya.

Selain itu, anak dapat tumbuh baik karena terbebas dari penyakit kronis. Anda bisa memantau tumbuh kembang anak menggunakan KMS (Kartu Menuju Sehat).

2. Anak berkembang sesuai dengan tingkat usia
Pelajarilah tahapan-tahapan perkembangan anak sesuai usianya. Perhatikan kemampuan motorik, sensorik, dan kognitif. Jika ada tahapan yang terlewati, konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui pengaruhnya pada tumbuh kembang anak.

3. Anak terlihat lebih aktif, gesit, dan gembira
Anak yang sehat cenderung lebih banyak bergerak, senang bermain, dan terlihat lebih sering menampilkan ekspresi wajah ceria.

4. Mata anak terlihat bersih dan bersinar
Ketika diajak bicara, anak yang sehat akan menunjukkan kontak mata yang responsif. Untuk menstimulasi hal ini, ajaklah anak bicara setiap ada kesempatan. Baik saat makan, mandi, dan bermain.

5. Nafsu makan anak baik
Saat waktu makan tiba, anak yang sehat cenderung antusias dan lahap dengan menu makanan yang akan dikonsumsi. Ia juga tidak mengalami gangguan mengunyah, terutama pada anak berusia di atas satu tahun.

Baca juga:  Ini, Tips Tingkatkan Berat Badan Anak
6. Bibir dan lidah anak tampak segar
Penampakan bibir anak yang sehat tidak terlihat kering. Sedangkan bagian lidah anak yang sehat berwarna merah, tidak terlihat bercak-bercak putih akibat jamur.

7. Pernapasan tidak berbau
Bila pernapasan anak berbau, biasanya terjadi akibat kurang terawatnya gigi dan mulut anak sejak kecil.

8. Kulit dan rambut anak tampak bersih
Rambut dan kulit kepala anak sehat dapat ditandai dengan rambut yang tidak mudah rontok dan tidak kusam, serta kulit kepala yang tidak mengelupas.

9. Anak mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan
Saat berada di lingkungan luar, anak yang sehat dapat dengan mudah bermain dengan anak-anak lain yang ada di area tersebut. Atau, tidak canggung untuk beraktivitas bebas di area tersebut dengan menggunakan kreativitasnya. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.