Tumbuh Kembang
Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Parenting merupakan cara pola asuh dalam mendidik anak, memberikan perlindungan, perawatan, dan mengamati perkemmbangan anak hingga tumbuh dewasa. Parenting bukanlah hal yang mudah karena orangtua perlu membangun karakter dan perilaku positif pada anak.

Berikut tujuh langkah parenting yang bisa dipraktikkan, dilansir dari KidsHealth :

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Menigkatkan kepercayaan diri anak dapat dilakukan dengan memuji prestasi sekecil apa pun yang membuat mereka merasa bangga, serta membiarkan anak melakukan sesuatu secara mandiri yang dapat membuat mereka merasa mampu dan kuat.
Jangan lontarkan komentar yang meremehkan atau membandingkannya dengan orang lain karena hal tersebut akan membuat mereka merasa dirinya tidak berharga. Pilih kata-kata dengan hati-hati dan pikirkan bagaimana perasaan mereka saat mendengar kata-kata tersebut.

Baca juga:  Orangtua Jangan Jadi "Mesin Pembunuh"

2. Puji Hal-Hal Kecil yang Anak Lakukan

Sebagai orang tua, kamu mungkin lebih sering mengkritik anakmu, daripada memujinya. Namun, kritikan negatif tersebut justru dapat membuat anak merasa terpuruk.

Sebaiknya, pujilah mereka saat melakukan sesuatu dan berikan kritikan yang bersifat positif dan tidak menyakiti hati mereka. Kamu bisa memuji hal-hal kecil yang mereka lakukan, seperti saat mereka membereskan tempat tidur tanpa diminta.

3. Ajarkan Anak untuk Bersikap Disiplin

Disiplin diperlukan dalam setiap rumah tangga. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak memilih perilaku yang dapat diterima dan belajar mengendalikan diri sendiri. menetapkan peraturan di rumah akan membantu anak-anak memahami harapanmu sebagai orang tua.

Baca juga:  Tiga Wilayah Ini, Sumbang Tambahan Kasus COVID-19 hingga 63 Persen

4. Luangkan Waktu untuk Anak

Seringkali sulit bagi orang tua dan anak berkumpul bersama karena waktu yang terbatas. Namun, tidak ada yang lebih disukai oleh anak-anak dibandingkan berkumpul bersama keluarga.

Meski kamu sibuk bekerja, setidaknya luangkanlah sedikit waktu untuk mereka di pagi hari sebelum bekerja atau di malam hari saat istirahat. Kamu juga bisa meluangkan waktu saat liburan untuk jalan-jalan bersama anak-anak.

5. Jadilah Role Model yang Baik

Anak-anak merupakan cerminan dari orang tua, sejak kecil mereka belajar mengenai bagaimana cara bertindak dan berbicara dari orang tua mereka. Perlihatkanlah sifat-sifat yang ingin kamu lihat dalam diri mereka, seperti rasa hormat, keramahan, kejujuran, kebaikan, hingga toleransi.

Baca juga:  Berkelahi Viral di Medsos, Dua Siswa Dipanggil Kepala SMPN 1 Banjarangkan

6. Jadikan Komunikasi sebagai Prioritas

Anak-anak berhak mendapatkan penjelasan sama halnya seperti orang dewasa. Jika terdapat masalah, jelaskan, dan ungkapkan perasaanmu. Luangkan waktu untuk menjelaskan kepada mereka, jika mereka bertanya-tanya atau penasaran tentang sesuatu.

7. Bersikaplah Fleksibel

Lingkungan sekitar mempengaruhi pola perilaku anak, sehingga mungkin saja perubahan lingkungan dapat mengubah perilaku mereka. Saat anakmu berubah, maka secara bertahap gaya parentingmu juga harus berubah.

Pola asuh yang tepat sangat penting untuk membentuk karakter dan perilaku anak. Maka dari ity, penting bagi orang tua untuk belajar dan memahami pola asuh yang baik dan tepat. (kmb/balipost)

BAGIKAN