SINGARAJA, BALIPOST.com – Pendidikan berbasis Hindu dinilai tepat untuk mengatasi munculnya degradasi karakter generasi muda zaman sekarang. Sebab, pembentukan karakter ini harus dilakukan mulai dari pendidikan.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, karena mayoritas masyarakat menganut agama Hindu, pendidikan berbasis Hindu sangat dibutuhkan untuk memperbaiki karakter generasi muda itu. Ia mengakui saat ini, karakter generasi muda mulai mengalami degradasi. Kondisi ini juga terjadi di Buleleng.

Di tengah derasnya arus globalisasi dan munculnya persoalan terkait karakter generasi muda ini, ia menilai pemahaman nilai-nilai keagamaan berpotensi memudar. Mengantisipasi masalah tersebut, peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran keagamaan perlu terus dilakukan.

Baca juga:  Minim, Animo Generasi Muda Tekuni Sastra Modern
Ia mengatakan salah satu upaya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan berbasis Hindu. Pihaknya berkeinginan mewujudkan lembaga pendidikan bernuansa agama Hindu yang dimulai dari PAUD sampai perguruan tinggi.

Supriatna membandingkan dengan umat agama lain yang sejak kanak-kanak sudah dididik dengan pemahaman agamanya masing-masing. Ia akan mengomunikasikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Agama untuk melahirkan generasi penerus yang berkarakter berkualitas. (Komang Yudha/balitv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.