Pujawali digelar di Pura Kawitan Mahagotra Catur Sanak Pasek Kayuan.
Warga melakukan persiapan Pujawali di Kawitan Mahagotra Catur Sanak Pasek Kayuan. (BP/jay)
BANGLI, BALIPOST.com – Pujawali digelar di Pura Kawitan Mahagotra Catur Sanak Pasek Kayuan. Puncaknya karya akan berlangsung pada Selasa (21/3), tepatnya pada Anggara Kasih Julung Wangi.

Rangkaian pujawali di pura yang lokasinya di tengah hutan di Desa Siakin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli ini telah dimulai sejak empat hari lalu. Diawali dengan mareresik atau pembersihan di areal pura pada Kamis (16/3). Ratusan pangempon pura dari berbagai daerah ngaturang ayah-ayahan.

Keesokan harinya, dilanjutkan dengan pemasangan penjor dan hiasan di palinggih pura. Kemudian, pada 18 Maret 2017, para pangempon pura, terutama wanita sibuk mempersiapkan sarana upakara yang akan digunakan untuk beryadnya.

Baca juga:  Karya Padudusan di Pura Penataran Sasih
Tak hanya itu, keesokan harinya warga Pasek Kayuan melaksanakan pacaruan manca sata dengan dipuput pemangku setempat, yakni Jero Mangku Landep. Usai melaksanakan upacara pacaruan, Senin (20/3) digelar upacara melasti atau nyegara gunung yang lokasinya tak jauh dari pura. “Besok, Selasa (21/3), merupakan puncak pujawali yang dilaksanakan pukul 24.00 Wita sekaligus penyineban Ida Batara,” kata sasepuh atau panglingsir Pura Kawitan Mahagotra Catur Sanak Pasel Kayuan, I Wayan Rita, Senin (20/3).

Rita yang didampingi pangempon pura lainnya yakni Jero Mangku Ketut Marsidi, Keraman Rayen, Jero Mangku Tipi dan Mangku adung ini menjelaskan pada puncak pujawali itu dipuput sejumlah pemangku. Diantaranya Jero Mangku Landep, Jero Mangku Padet Putra Kayuan, dan Jero Mangku Bered.

Setelah pelaksanaan puncak karya, keesokan harinya digelar penganyutan sebagai rangkaian upacara yang terakhir. (Pramana Wijaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.