Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Menggunakan headphone untuk mendengarkan musik merupakan hal yang biasa kita lihat, terutama di kalangan anak muda zaman sekarang. Terkadang, mereka mendengarkan musik dengan suara yang keras hingga orang yang tidak menggunakan headphone juga bisa mendengarnya.

Jika sudah seperti ini, akan sangat membahayakan pendengaran. Dikutip dari klikdokter.com, angka gangguan pendengaran saat ini lebih tinggi 30 persen dibandingkan tahun 1980. Para ahli percaya bahwa salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan angka ini adalah penggunaan headphone yang salah.

Baca juga:  Wanita Wajib Konsumsi Ini
Headphone merupakan gaya hidup anak muda saat ini. Karenanya, headphone hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran serta dengan model yang trendy, sehingga banyak remaja gemar menggunakan alat yang satu ini. Penggunaan headphone memberikan sensasi suara yang bersifat pribadi, sehingga suara yang didengarkan terasa lebih hidup dan dekat.
Berikut sejumlah gangguan yang dialami jika mendengarkan headphone dengan suara yang keras secara berlebihan :

1. Ganggu Pendengaran
Penggunaan headphone diperlukan bagi banyak orang, khususnya mereka yang bekerja dengan menggunakan headphone. Namun, yang menjadi permasalahan adalah ketika seseorang menggunakan headphone, apakah mereka sadar akan bahaya headphone jika digunakan dengan volume yang terlalu keras dan dengan durasi waktu yang lama?

Bahaya headphone disebabkan oleh suara dari headphone yang masuk ke dalam liang telinga, menggetarkan gendang telinga dan akan diteruskan oleh tulang pendengaran. Pada akhirnya getaran ini akan menggetarkan sel rambut pada koklea, yang akan dilanjutkan untuk merangsang pusat pendengaran di otak.

Sel rambut ini merupakan target dari suara yang keras. Paparan terhadap musik yang keras dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan sel rambut. Sel rambut akan digantikan oleh jaringan parut dan hal ini akan menyebabkan ketulian.

2. Kerusakan Sel Rambut
Alat pemutar MP3 atau handphone Anda dapat memproduksi suara sampai kekuatan 120 db, yang merupakan kekuatan suara dari sebuah konser musik rock. Kerusakan pada sel rambut telinga akan mulai terlihat setelah satu jam dalam paparan ini.

Namun, tanda suara headphone Anda sudah terlalu keras adalah ketika Anda tidak dapat mendengarkan suara di sekitar Anda ketika menggunakan headphone. Anda disarankan untuk tidak menggunakan headphone dengan volume melebihi 60% kekuatan volume maksimal dan tidak lebih dari 60 menit setiap harinya.

Jangan sepelekan bahaya headphone dan masalah yang akan ditimbulkan dalam penggunaan headphone ini, karena, ketika gangguan pendengaran sudah terjadi maka Anda akan kehilangan salah satu fungsi tubuh yang paling penting, yaitu pendengaran. Oleh karena itu, Anda harus lebih bijaksana dalam menggunakan headphone agar terhindar dari bahaya headphone tersebut. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.